KONSELING ART THERAPY DALAM MENGATASI DEPRESI MAHASISWA TINGKAT AKHIR DI INSTITUT AGAMA NEGERI ISLAM SYEKH NURJATI CIREBON

SANTOSO, (2024) KONSELING ART THERAPY DALAM MENGATASI DEPRESI MAHASISWA TINGKAT AKHIR DI INSTITUT AGAMA NEGERI ISLAM SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.

[img] Text
1708306107_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1708306107_2_bab1.pdf

Download (458kB)
[img] Text
1708306107_6_bab5.pdf

Download (214kB)
[img] Text
1708306107_7_dafpus.pdf

Download (344kB)

Abstract

Setiap orang pasti memiliki masalahnya sendiri. mulai dari yang ringan hingga yang berat, banyak orang yang mengalami stress dan depresi. Art therapy dapat meningkatkan komunikasi dan ekspresi diri, mengelola stres, dan meningkatkan rasa percaya diri. Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan atau mengungkapkan perasaannya. Tujuan konseling Art Therapy adalah untuk menyediakan sarana bagi individu untuk melepaskan emosi, perasaan, dan masalahnya. Konseling ekspresif dapat dilakukan dengan menggabungkan berbagai hal, termasuk konseling, dengan seni visual. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah apakah konseling Art Therapy dapat mengatasi depresi mahasiswa tingkat akhir di Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon. Dengan tujuan tersebut maka rumusan masalah yang diperoleh peneliti adalah Bagaimana penerapan konseling Art Therapy dalam menangani Depresi pada mahasiswa, bagaimana layanan konseling Art Therapy dalam mengatasi depresi mahasiswa tingkat akhir Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon. Metode penelitian yang diguanakan oleh peneliti yakni menggunakan metode Kualitatif Deskriptif. Adapun untuk proses pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan langsung terhadap sumber yang berkaitan dengan penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah lima mahasiswa tingkat akhir di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Hasil penelitian dari penerapan konseling Art Therapy ini memberikan perubahan pada 3 orang klien, dan perubahan yang tidak terlalu banyak pada 2 orang klien. Adapun perubahan-perubahan yang dialami oleh klien di antaranya: 1) Klien SN (dapat mengontrol emosi dengan baik, dapat berpikir dengan rasional, dapat bersosialisasi kembali dengan lingkungan, mampu menghilangkan rasa percaya diri). 2) Klien MHB(dapat membagi waktu, dapat mengontrol emosi dengan baik, dan berpikir secara rasional). 3) Klien ES (dapat mengontrol emosi dengan baik, dapat berpikir positif, dapat membagi waktu, dan mood terasa membaik). 4) Klien AT (dapat bersosialisasi kembali, dapat membagi waktu dengan baik, dan tidak mudah merasa lelah). 5) Klien RS (dapat bersosialisasi baik dengan lingkungan, dapat berpikir positif, lebih sabar).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:25
Last Modified: 31 Jul 2024 02:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13721

Actions (login required)

View Item View Item