WINDY FADILAH, (2024) IMPLEMENTASI LAYANAN KONSULTASI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SUMBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.
Text
1908306035_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
1908306035_2_bab1.pdf Download (771kB) |
|
Text
1908306035_6_bab5.pdf Download (175kB) |
|
Text
1908306035_7_dafpus.pdf Download (382kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya laporan permohonan konsultasi dari wali kelas kepada guru bimbingan dan konseling di sekolah tersebut terkait masalah ketidakdisiplinan peserta didik yang cukup banyak pengulangan agar wali kelas dapat segera menangani. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kedisiplinan peserta didik didik kelas XI di SMA Negeri 1 Sumber Kabupaten Cirebon, mempelajari implementasi layanan konsultasi dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik didik kelas XI di SMA Negeri 1 Sumber Kabupaten Cirebon, dan menganalisis hasil akhir dari implementasi layanan konsultasi dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Sumber Kabupaten Cirebon. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang menggali suatu fenomena/kasus dalam suatu waktu dan kegiatan serta mengumpulkan informasi secara terinci dan mendalam dengan menggunakan berbagai prosedur pengumpulan data selama periode tertentu. Berdasarkan pembahasan pada penelitian ini diketahui bahwa gambaran kedisiplinan peserta didik kelas XI di sekolah tersebut terlihat adanya pelanggaran-pelanggaran terhadap peraturan sekolah dilakukan secara berulang kali seperti terlambat datang, cara berpakaian seragam tidak sesuai, tidak sopan pada guru, terlambat masuk kelas/bolos. Implementasi layanan konsultasi dalam hal ini menggunakan teknik umum layanan konsultasi yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan/implementasi kegiatan inti, evaluasi/penilaian, analisis hasil evaluasi, serta tindak lanjut. Hasil akhir dari implementasi layanan konsultasi ini menunjukkan kematangan konsulti (wali kelas) membina pola pikir dan sikap peserta didik kelas XI hingga mempengaruhi perkembangan kedisiplinannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 02:46 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 02:46 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13727 |
Actions (login required)
View Item |