LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM PENCEGAHAN PENULARAN HIV/AIDS TERHADAP PEKERJA SEKS PEREMPUAN DI LEMBAGA PERKUMPULAN KELUARGA BERENCANA INDONESIA KOTA CIREBON

NUR HALIMAH, (2024) LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM PENCEGAHAN PENULARAN HIV/AIDS TERHADAP PEKERJA SEKS PEREMPUAN DI LEMBAGA PERKUMPULAN KELUARGA BERENCANA INDONESIA KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.

[img] Text
1908306151_1_cover.pdf

Download (916kB)
[img] Text
1908306151_2_bab1.pdf

Download (276kB)
[img] Text
1908306151_6_bab5.pdf

Download (251kB)
[img] Text
1908306151_7_dafpus.pdf

Download (230kB)

Abstract

Penularan HIV dan AIDS salah satu kasus dalam kesehatan yang menjadi bagian dari kehidupan. Resiko besar terjangkitnya HIV/AIDS kepada seseorang ini bisa melalui hubungan seks bebas yang sering kali dilakukan oleh para wanita yang terjun ke dalam dunia prostitusi untuk menjajahkan jasa seksnya atau terjun ke dunia prostitusi menjadi PSP (pekerja seks perempuan). Salah satu lembaga sosial yang turut andil dalam pencegahan dan penanganan HIV/AIDS, yaitu Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penanganan dan pencegahan kasus HIV/AIDS yang dilakukan oleh lembaga Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kota Cirebon. Mengetahui pelayanan bimbingan konseling yang diberikan oleh lembaga Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kota Cirebon kepada pekerja seks perempuan. Serta mengetahui berbagai dampak dan manfaat dari pelayanan bimbingan konseling yang diberikan oleh lembaga Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cirebon pada pekerja seks perempuan guna mencegah penularan HIV/AIDS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyatakan bahwa dalam upaya penanganan dan pencegahan kasus HIV/AIDS, PKBI telah mengembangkan program yang berfokus pada pekerja seks perempuan. Salah satu langkah konkret yang diambil oleh PKBI Cirebon adalah mengadakan tes HIV secara rutin. Hasil tes ini menjadi dasar untuk memberikan pelayanan bimbingan konseling yang sangat penting. Hasil dari pelayanan bimbingan konseling ini bervariasi antara individu. Beberapa pekerja seks perempuan telah berhasil mengurangi perilaku seksual berisiko dan lebih aktif dalam menggunakan kondom setelah mendapatkan bantuan konseling ini. Selain itu, pelayanan konseling juga membantu pekerja seks perempuan dalam pengambilan keputusan yang lebih bijak terkait dengan kehidupan mereka, baik itu terkait dengan kesehatan atau aspek lain dalam hidup mereka.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:45
Last Modified: 31 Jul 2024 03:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13734

Actions (login required)

View Item View Item