PERAN ORANG TUA DALAM MENANGANI DAMPAK NEGATIF GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU PHUBBING PADA ANAK DI RW 02 KELURAHAN PASARBATANG KABUPATEN BREBES

NURUL LUTHFIYATUNNISA, (2024) PERAN ORANG TUA DALAM MENANGANI DAMPAK NEGATIF GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU PHUBBING PADA ANAK DI RW 02 KELURAHAN PASARBATANG KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.

[img] Text
1908306180_1_cover.pdf

Download (632kB)
[img] Text
1908306180_2_bab1.pdf

Download (378kB)
[img] Text
1908306180_6_bab5.pdf

Download (126kB)
[img] Text
1908306180_7_dafpus.pdf

Download (272kB)

Abstract

Phubbing merupakan salah satu permasalahan menyimpang sosial yang dapat terjadi pada anak. Adapun alasan terjadinya perilaku phubbing tersebut adalah karena penyalahgunaan handphone secara berlebihan sehingga seseorang mengabaikan hal-hal maupun orang lain yang ada di sekitarnya. Game online menjadi salah satu aplikasi pada handphone yang digemari oleh anak-anak. Apabila diakses secara berlebihan, game online dapat berdampak negatif bagi anak. Dampak negatif game online juga dapat memicu terjadinya perilaku phubbing pada anak. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, peran orang tua dirasa sangat penting karena orang tua merupakan orang yang paling dekat dengan anaknya. Peran orang tua dalam menangani perilaku phubbing pada anak akibat dari dampak negatif game online diantarannya adalah melalui pembatasan waktu anak dalam bermain game online, selektif dalam memilih teman bermain serta selalu sabar dalam menasehati dan melatih anak untuk dapat bertanggung jawab terhadap segala sesuatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) dampak negatif game online pada anak, 2) perilaku phubbing pada anak yang bermain game online dan 3) peran orang tua dalam menangani dampak negatif game online terhadap perilaku phubbing pada anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dengan pendekatan studi kasus memiliki fokus pada topik tertentu yang dipelajari sebagai kasus dan data studi kasus diperoleh dari semua partisipan yang berarti penelitian ini dikumpulkan dari berbagai sumber yang ada. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif, yaitu metode analisa data dengan mendeskkripsikan fakta-fakta secara nyata dan apa adanya sesuai dengan objek kajian dalam penelitian ini. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: 1) terdapat beberapa dampak negatif dari bermain game online pada anak di RW 2 Kelurahan Pasarbatang, 2) dampak negatif dari game online dapat menyebabkan perilaku phubbing pada anak yang bermain game online di RW 2 Kelurahan Pasarbatang, dan 3) pentingnya peran orang tua dalam menangani dampak game online terhadap perilaku phubbing pada anak di RW 2 Kelurahan Pasarbatang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:38
Last Modified: 31 Jul 2024 04:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13743

Actions (login required)

View Item View Item