Ken Agastya Nawang Aura, (2024) PENGARUH PRICE DISCOUNT, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN AFFILIATE MARKETING PRODUK SHOPEE TERHADAP IMPULSE BUYING SKRIPSI 2024. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Islam IAIN Shekh Nurjati.
Text
2008204025_1_cover.pdf Download (502kB) |
|
Text
2008204025_2_bab1.pdf Download (210kB) |
|
Text
2008204025_6_bab5.pdf Download (129kB) |
|
Text
2008204025_7_dafpus.pdf Download (120kB) |
Abstract
Berdasarkan data pengunjung marketplace, Shopee mendominasi pasar ecommerce di Indonesia dengan 2,3 miliar kunjungan situs, mengugguli pesaing melalui strategi promosi dan inovasi. Seringnya mengunjungi situs belanja online menjadi salah satu penyebab pembelian secara mendadak atau pembelian secara impulsif. Shopee menarik pembeli yang berusia 16-64 tahun untuk melakukan pembelian impulsif dengan adanya promosi berupa diskon dan adanya online customer review. Shopee juga menggunakan strategi seperti pemasaran afiliasi, terlihat jelas tingkat partisipasi yang tinggi dalam program afiliasinya selama tahun 2024 . Kesuksesan Shopee tidak lepas dari upaya untuk memenuhi kecenderungan konsumen Indonesia yang melakukan pembelian tidak terencana yang berdampak terhadap pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan simultan pengaruh price discount, online customer review, dan affiliate marketing produk shopee terhadap impulse buying. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Sampel penelitian ini adalah 98 orang mahasiswa dari total populasi mahasiswa semester 6 dan 8 sebanyak 5251orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis berupa uji t dan uji f dengan menggunakan aplikasi SPSS Version 25. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial price discount pada produk shopee berpengaruh dan signifikan terhadap impulse buying, online customer review pada produk shopee tidak memiliki pengaruh dan signifikan terhadap impulse buying, dan affiliate marketing memiliki pengaruh dan signifikan terhadap impulse buying. Sedangkan secara simultan (bersama-sama) price discount, online customer review dan affiliate marketing pada produk shopee memiliki pengaruh yang signifikan terhadap impulse buying. Kata Kunci: Price Discount, Online Customer Review, Affiliate Marketing dan Impulse Buying.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 05:46 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 05:46 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13752 |
Actions (login required)
View Item |