LAYANAN BIMBINGAN PRA NIKAH DALAM MENINGKATKAN KEMATANGAN EMOSIONAL PADA CALON PENGANTIN USIA DINI DI KUA KECAMATAN LELEA INDRAMAYU

SINTAWATI, (2024) LAYANAN BIMBINGAN PRA NIKAH DALAM MENINGKATKAN KEMATANGAN EMOSIONAL PADA CALON PENGANTIN USIA DINI DI KUA KECAMATAN LELEA INDRAMAYU. Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.

[img] Text
2008306002_1_cover.pdf

Download (338kB)
[img] Text
2008306002_2_bab1.pdf

Download (196kB)
[img] Text
2008306002_6_bab5.pdf

Download (33kB)
[img] Text
2008306002_7_dafpus.pdf

Download (107kB)

Abstract

Kasus perceraian yang terus meningkat di kabupaten Indramayu disebabkan karena kurangnya kesipan emosional dalam berumah tangga. Dilihat dari fenomena tersebut, terdapat Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 379 tahun 2018 yaitu mengenai pelaksanaan bimbingan pra nikah bagi calon pasangan suami istri. Bimbingan pra nikah sebagai bekal calon pengantin, proses pendidikan, yang dapat memberikan peningkatan secara psikologis dalam kematangan emosional. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses bimbingan pra nikah di KUA kecamatan Lelea Indramayu, untuk mengetahui bagaimana bimbingan pra nikah dalam meningkatkan kematangan emosional calon pasangan suami istri di KUA Kecamatan Lelea Indramayu, serta kondisi kematangan emosional calon pengantin yang menikah di KUA Kecamatan Lelea Indramayu. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan objek penelitian calon pasangan yang menikah diusia dini, kepala KUA, dan fasilitator bimbingan pra nikah. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Proses bimbingan pra nikah di KUA Kecamatan Lelea Indramayu merupakan implementasi dari peraturan Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 379 Tahun 2018. Proses bimbingan pra nikah tersebut menerapkan tiga metode yaitu metode andiri, kelompok, dan klasikal dengan materi yang mengacu pada juklak bimbingan pra nikah dan fondasi keluarga sakinah dari Bimas Kemenag. 2) Kondisi kematangan emosional calon pasangan suami istri yang semula memiliki keraguan, emosi yang tidak terkendali, kecemasan, setelah mendapatkan edukasi dari kegiatan bimbingan pra nikah ternyata bisa berubah kearah yang lebih baik. Sehingga, calon pasangan suami istri dapat terbantu dalam kesadaran mengenali dirinya termasuk emosinya. 3) Layanan bimningan pra nikah di KUA Kecamatan Lelea Indramayu dapat membantu meningkatkan kematangan emosional pada calon pasangan suami istri, terutama dilihat dari aspek penerimaan diri berupa rasa yakin menerima kekurangan dan kelebihan dirinya serta pasanganya, aspek kontrol emosi berupa ketengan dalam menghadapi masalah, aspek berfikir objektif berupa cara bertindak yang disesuaikan dengan keadaan dan kondisi yang dialami, serta aspek tanggung jawab berupa pemahaman peran suami istri dalam rumah tangga.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:17
Last Modified: 31 Jul 2024 06:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13755

Actions (login required)

View Item View Item