ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENGGUNA SHOPEE IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

Ebah Hijriani, (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENGGUNA SHOPEE IAIN SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Islam IAIN Shekh Nurjati.

[img] Text
2008204010_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008204010_2_bab1.pdf

Download (328kB)
[img] Text
2008204010_6_bab5.pdf

Download (134kB)
[img] Text
2008204010_7_dafpus.pdf

Download (288kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah literasi keuangan, kontrol diri dan lingkungan teman sebaya berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa pengguna Shopee di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kehidupan masyarakat saat ini dipengaruhi oleh perkembangan terknologi yang begitu pesat. Hadirnya teknologi digital yang begitu banyak membuat e-commerce bermunculan salah satunya Shopee. Shopee hadir di tengah masyarakat yang sedang dipengaruhi oleh teknologi digital tidak terkecuali mahasiswa yang membuat semakin mudah dalam membeli suatu barang yang mereka butuhkan. Kemudahan tersebut dapat menyebabkan perilaku konsumtif yang tidak baik. Perilaku konsumtif dipengaruhi beberapa faktor, dalam penelitian ini faktor yang diduga mempengaruhi perilaku konsumtif pada mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon pengguna Shopee adalah literasi keuangan, kontrol diri dan lingkungan teman sebaya. Populasi pada penelitian ini berjumlah 15.136 mahasiswa/i IAIN Syekh Nurjati Cirebon, penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan rumus slovin berjumlah 100 mahasiswa/i dengan taraf 10%. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, menggunakan data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui angket berupa kuesioner yang disebar melalui formulir google, menggunakan analisis regresi linier berganda, serta menggunakan bantuan dari software IBM statistic SPSS versi 23. Hasil penelitian ini adalah variabel literasi keuangan secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna Shopee, kemudian variabel kontrol diri secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna Shopee, variabel lingkungan teman sebaya secara parsial berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif pengguna Shopee. Dan secara simultan, variabel literasi keuangan, kontrol diri dan lingkungan teman sebaya berpengaruh secara bersama-sama atau simultan terhadap perilaku konsumtif pengguna Shopee dengan berdasarkan uji koefisien determinasi berpengaruh sebesar 45%. Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, Literasi Keuangan, Kontrol Diri dan Lingkungan Teman Sebaya

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:32
Last Modified: 31 Jul 2024 06:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13763

Actions (login required)

View Item View Item