IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 CIREBON

NUR MILLAH, (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 CIREBON. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1708101018_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1708101018_2_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1708101018_6_bab5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1708101018_7_dafpus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran sejarah kebudayaan islam merupakan salah satu mata pelajaran yang terintegrasi dengan mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) yang bertujuan untuk memberikan hikmah atau ibrah kepada peserta didik sehingga peserta didik memiliki karakter religius yang baik, mampu menjadi insan yang mulia. Hal ini akan tercermin dari sikap, perilaku, akhlak dan nilainilai yang dimiliki oleh siswa itu sendiri. Dalam membentk karakter religius ini guru harus memiliki metode yang sesuai dengan karakteristik peserta didik itu sendiri sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran sejarah kebudayaan islam di MAN 1 Cirebon. (2) Untuk mengetahui karakter religius peserta didik di MAN 1 Cirebon. (3) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran sejarah kebudayaan islam dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MAN 1 Cirebon. Pembelajaran sejarah kebudayaan islam ialah mata pelajaran yang terintegrasi dengan mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) yang diberikan pada pendidikan formal baik pada tingkat satuan pendidikan dasar (MI), menengah pertama (MTs) dan menengah atas (MAN). (Bahrudin, 2018 : 90) Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data; observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut : (1) Dalam implementasi pembelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI) di MAN 1 Cirebon guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berlandaskan pada tujuan pendidikan yang tertuang dalam Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang harus dicapai oleh siswa. (2) Karakter religius yang dimiliki oleh peserta didik di MAN 1 Cirebon sudah baik hal ini ditunjukkan dengan sikap siswa yang memiliki sikap sopan santun, menjalankan sholat dhuha, pembacaan asmaul husna, ayat suci Al-Quran, sholat berjamaah baik dhuzur atau asar dan memiliki sikap kemandirian, toleransi, bertanggungjawab atas pekerjaan yang diberikan. (3) Implementasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MAN 1 Cirebon guru mengkombinasikan beberapa metode pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik seperti pemberian materi dengan metode interaktif, pemberian nasihat dan contoh selama proses pembelajaran serta memberikan metode keteladanan yang dilakukan oleh guru dalam kehidupan sehari-hari selama di lingkungan sekolah ataupun diluar lingkungan sekolah sehingga siswa dapat mencontoh perilaku yang dilakukan oleh guru sebagai tindakan yang positif. Kata Kunci : Implementasi, SKI, Karakter, Religius

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:39
Last Modified: 31 Jul 2024 07:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13781

Actions (login required)

View Item View Item