Penerapan Metode Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Islam Bustanul Ulum Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes

MUH RIZAL RAMADHAN, (2024) Penerapan Metode Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Islam Bustanul Ulum Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1708101051_1_cover.pdf

Download (663kB)
[img] Text
1708101051_2_bab1.pdf

Download (600kB)
[img] Text
1708101051_6_bab5.pdf

Download (256kB)
[img] Text
1708101051_7_dafpus.pdf

Download (463kB)

Abstract

Pemilihan metode pembelajaran yang sesuai dan tepat merupakan suatu keharusan oleh seorang guru dalam menyampaikan pelajaran. Penggunaan metode yang bervariatif akan menciptakan rasa senang serta menumbuhkan semangat motivasi pada siswa. Di SMK Islam Bustanul ulum Karangmalang Kecamatan Ketanggungan Brebes pada mata pelajaran PAI penggunaan metode pembelajaran hannya terpaku pada metode ceramah. Dengan demikian, pemilihan metode pembelajaran yang monoton mengakibatkan kurangnya hubungan komunikasi antar guru dan siswa sehingga proses interaksi tidak berjalan denngan baik. Salah satunnya menimbulkan rasabosan pada siswa saat mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Islam Bustanul Ulum ketanggungan kabupaten Brebes ; untuk mengetahui tentang penerapan metode scramble dalam pada mata pelajaran Sejarah Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Islam Bustanul Ulum ketanggungan kabupaten Brebes, untuk mengetahui pengaruh penerapan metode scramble terhadap motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Islam Bustanul Ulum ketanggungan kabupaten Brebes. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: a. Bagaimana motivasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMK Islam Bustanul Ulum ketanggungan Kabupaten Brebes ? b. Bagaimana penerapan metode scramble dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMK Islam Bustanul Ulum ketanggungan Kabupaten Brebes ? c. Bagaimana pengaruh metode Scramble terhadap Hasil Belajar siswa belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMK Islam Bustanul Ulum ketanggungan Kabupaten Brebes? Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan metode scramble pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam siswa kelas XI SMK Islam Bustanul Ulum ketanggungan Kabupaten Brebes termasuk dalam kategori cukup dengan nilai 63,36 % karena berada pada interval 55%-74% 2) motivasi belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam dari hasil pretest sebesar 62,2% sedangkan dari hasil posttest sebesar 66,56 %, maka bisa disimpulkan dari hasil tersebut menunjukan peningkatan sebesar 4,36% 3) Pengaruh penerapan metode scramble dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa MTs Negeri Ketanggungan Brebes

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:30
Last Modified: 01 Aug 2024 03:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13800

Actions (login required)

View Item View Item