PROBLEMATIKA PERNIKAHAN USIA DINI TERHADAP KEMATANGAN EMOSI PASANGAN SUAMI ISTRI (Studi Kasus di Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu)

LINDA FATHIMATUZ ZAHRO, (2024) PROBLEMATIKA PERNIKAHAN USIA DINI TERHADAP KEMATANGAN EMOSI PASANGAN SUAMI ISTRI (Studi Kasus di Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu). Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.

[img] Text
2008306061_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008306061_2_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008306061_6_bab5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008306061_7_dafpus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan keluarga mengenai kematangan emosi pasangan pernikahan usia dini, jika dilihat dari fenomena yang telah terjadi di masa sekarang tidak sedikit masyarakat yang memutuskan untuk menikah di usia dini dengan berbagai macam alasan. Kematangan emosi menjadi faktor yang sangat dibutuhkan dalam keluarga untuk mewujudkan keluarga yang harmonis. Berbagai dampak yang dirasakan baik dampak positif ataupun negatif oleh pasangan pernikahan usia dini. Penelitian bertujuan mengungkapkan (1) bagaimana kematangan emosi pasangan suami istri yang menikah di usia dini di Kecamatan Widasari kabupaten Indramayu (2) bagaimana bentuk problematika yang terjadi kepada pasangan suami istri yang menikah di usia dini di Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu (3) dampak yang terjadi oleh pasangan pernikahan usia dini di Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penelitian ini : observasi, wawancara mendalam, dokumetasi dan triangulasi data. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini adalah : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengambilan sampel sebanyak 5 informan, 3 pasang suami istri, 1 Ketua KUA Kecamatan Widasari, 1 Lebe Desa Ujung Pendokjaya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) terdapat pasangan suami istri yang menikah diusia dini di Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu yang memiliki kematangan emosi yang kurang stabil, namun pasangan tersebut mampu mengatasinya (2) terdapat problematika pernikahan usia dini di Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu seperti ketidakstabilan finansial, kematangan emosional, ketergantungan pada orang tua yang dialami informan (3) terdapat dampak yyang dirasakan oleh pasangan pernikahan usia dini di Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu seperti merasa dinafkahi, lebih mandiri dan negatif seperti dampak secara ekonomi yaitu finansial yang belum terpenuhi, dampak sosial terhadap pandangan masyarakat, dampak pendidikan yang terkendala. K

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:13
Last Modified: 01 Aug 2024 03:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13807

Actions (login required)

View Item View Item