PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DESA DENGAN TINGKAT PENDIDIKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI DI KECAMATAN BANJARHARJO KABUPATEN BREBES

CICI AULIA ULWIYAH, (2024) PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DESA DENGAN TINGKAT PENDIDIKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI DI KECAMATAN BANJARHARJO KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, S1-Akuntansi Syariah IAIN Shekh Nurjati.

[img] Text
2008205047_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008205047_2_bab1.pdf

Download (313kB)
[img] Text
2008205047_6_bab5.pdf

Download (238kB)
[img] Text
2008205047_7_dafpus.pdf

Download (397kB)

Abstract

Pada hakikatnya, baik atau buruknya suatu laporan keuangan dapat dilihat dari penyajiannya yang memuat informasi yang akurat dan lengkap. Permasalahan kualitas laporan keuangan yang banyak muncul saat ini antara lain laporan yang tidak informatif dan berkualitas rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan akuntansi saat membuat laporan keuangan, tidak optimalnya pemanfaatan teknologi informasi, dan banyaknya anggota atau pengurus organisasi yang bukan dari latar belakang ilmu akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pemahaman akuntansi dan pemanfaatan teknologi informasi mempengaruhi kualitas penyajian laporan keuangan Pemerintah Desa di Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes, dengan tingkat pendidikan berperan sebagai moderator. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner secara langsung ke masingmasing Kantor Pemerintahan Desa di Kecamatan Banjarharjo. Besar sampel yang digunakan adalah 66 aparat pemerintah desa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji instrumen penelitian, uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji Moderate Regression Analysis (MRA), uji koefisien determinasi (R2), dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Secara parsial pemahaman akuntansi berpengaruh signifikan terhadap kualitas penyajian laporan keuangan pemerintah desa, dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4,721 > 1,669). (2) Pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh signifikan terhadap kualitas penyajian laporan keuangan pemerintah desa, dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4,859 > 1,998). (3) Pemahaman akuntansi dan pemanfaatan teknologi informasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas penyajian laporan keuangan pemerintah desa, dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel (16,270 > 2,76). (4) Tingkat pendidikan dapat memoderasi pengaruh pemahaman akuntansi terhadap kualitas penyajian laporan keuangan pemerintah desa, dibuktikan dengan hasil uji analisis regresi moderat (MRA) yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001 (<0,05). (5) Tingkat pendidikan tidak dapat memoderasi pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas penyajian laporan keuangan pemerintah desa, dibuktikan dengan hasil uji MRA yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,087 (>0,05) yang berarti hipotesis kelima (H5) ditolak. Kata kunci : Laporan Keuangan Pemerintah Desa, Pemahaman Akuntansi, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Tingkat Pendidikan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:57
Last Modified: 01 Aug 2024 03:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13813

Actions (login required)

View Item View Item