DAMPAK HEDONISME TERHADAP KESEHATAN MENTAL PADA KEHIDUPAN SOSIAL REMAJA DI POSYANDU REMAJA RW 02 CEMPAKA KRUCUK KELURAHAN KESENDEN KECAMATAN KEJAKSAN KOTA CIREBON

ROBIATUL ADAWIYAH, (2024) DAMPAK HEDONISME TERHADAP KESEHATAN MENTAL PADA KEHIDUPAN SOSIAL REMAJA DI POSYANDU REMAJA RW 02 CEMPAKA KRUCUK KELURAHAN KESENDEN KECAMATAN KEJAKSAN KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.

[img] Text
2008306086_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008306086_2_bab1.pdf

Download (379kB)
[img] Text
2008306086_6_bab5.pdf

Download (230kB)
[img] Text
2008306086_7_dafpus.pdf

Download (236kB)

Abstract

Hedonisme merupakan sebuah perilaku individu yang sudah menjadi kebiasaan dalam kehidupan sosial. Dengan adanya dukungan dari pola asuh keluarga, lingkungan pertemanan dan tempat tinggal yang berada dalam pusat kota sehingga hedonisme ini sudah dianggap sebagai hal yang wajar. Keadaan lingkungan di RW 02 Cempaka Krucuk sangat mempengaruhi bagi kesehatan mental bagi remaja. Sebab, kondisi lingkungan yang terdapat di tengah pusat kota disertai banyaknya Super Market, Caffe dan beberapa Mall yang mengakibatkan terbentuknya gaya hidup mewah atau hedonisme dalam kehidupan sosialnya. Latar belakang penelitian ini adalah peneliti menemukan adanya remaja yang mengalami dampak hedonisme terhadap kesehatan mental pada kehidupan sosial remajanya di Posyandu Remaja RW 02 Cempaka Krucuk. Posyandu Remaja RW 02 merupakan tempat edukasi baik kesehatan remaja maupun edukasi sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak hedonisme terhadap kehidupan sosial remaja di Posyandu Remaja RW 02 Cempaka Krucuk. Kemudian penelitian ini untuk menggambarkan kondisi kesehatan mental pada kehidupan sosial remaja di Posyandu Remaja RW 02 Cempaka Krucuk. Tidak hanya itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dampak hedonisme terhadap kesehatan mental pada kehidupan sosial remaja di Posyandu Remaja RW 02 Cempaka Krucuk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data informasi atau informan ketika pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dalam teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak hedonisme sangat berpengaruh terhadap kehidupan sosial remaja, adanya perasaan-perasaan negatif yang timbul terhadap remaja seperti cemas, malu, dan tidak percaya diri bahkan menilai negatif pada diri sendiri dengan adanya hedonisme kondisi kesehatan mental remaja terganggu dengan memaksakan dirinya untuk mengikuti gaya hidup temannya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:34
Last Modified: 01 Aug 2024 06:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13834

Actions (login required)

View Item View Item