MODEL PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF MELALUI PEMBERDAYAAN UMKM DI KABUPATEN KUNINGAN (STUDI KASUS :BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN KUNINGAN)”. Skripsi 2024.

Rizqi Maulana, (2024) MODEL PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF MELALUI PEMBERDAYAAN UMKM DI KABUPATEN KUNINGAN (STUDI KASUS :BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN KUNINGAN)”. Skripsi 2024. Bachelor thesis, S1-Akuntansi Syariah IAIN Shekh Nurjati.

[img] Text
1908205125_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908205125_2_bab1.pdf

Download (365kB)
[img] Text
1908205125_6_bab5.pdf

Download (129kB)
[img] Text
1908205125_7_dafpus.pdf

Download (243kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya angka kemiskinan di Kabupaten Kuningan dari tahun-tahun sebelumnya. Baznas sebetulnya memiliki peran penting dalam membantu mengatasi permasalahan ini. Karna di Baznas sendiri ada penyaluran zakat produktif untuk membantu peningkatan perekonomian masyarakat. Biasanya penyaluran bantuan dari pemerintah itu sifatnya formal dan konsumtif sehingga ini tidak menjadi jawaban dalam mengatasi permasalahan kemiskinan di Kuningan. Dari permasalahn tersebut penulis tertarik untuk mengetahui seberapa serius Baznas Kuningan dalam melakukan pemberdayaan melalui zakat produktif. Dari segi modelnya penyalurannya seperti apa saja, implementasinya, hingga efektivitas pengelolaan zakat produktif di Baznas Kabupaten Kuningan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pengelolaan zakat produktif di BAZNAS Kabupaten Kuningan, implementasi pengelolaan zakat produktif melalui UMKM, efektivitas pengelolaan zakat produktif di BAZNAS Kabupaten Kuningan dalam meningkatkan pendapatan UMKM. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif serta menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Untuk mendapatkan hasil dalam penelitian ini penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang digunakan yaitu hasil wawancara dengan Kepala Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat dan Ketua Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik, juga data sekunder berupa data model pengelolaan zakat produktif dan implementasinya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Baznas Kuningan dalam mendistribusikan zakat produktif sangat variatif modelnya, ada program Z-Mart, Z-Chicken, Proxy (program mustahik pengusaha Kuningan), dan lumbung pangan. Berkat kesungguhan para pendamping dalam mendampingi para penerima manfaat dalam menjalankan program, rata-rata pendapatan mustahik mengalami kenaikan sebesar Rp.845.375. Tak hanya itu, mereka pun dibuatkan koperasi untuk wadah para penerima manfaat guna mewujudkan usaha yang berkelanjutan jangka panjang. Karna pendampingan dari Baznas itu sifatna hanya satu tahun, setelah itu akan digantikan dengan penerima manfaat yang baru. Kata Kunci : Model Pengelolaan Zakat Produktif, Baznas Kabupaten Kuningan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:34
Last Modified: 01 Aug 2024 06:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13835

Actions (login required)

View Item View Item