IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING PADA PROGRAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN BUDAYA KERJA (P5BK) TERHADAP PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK DI SMK SAMUDRA NUSANTARA CIREBON

MUMUN MUNIAH, (2024) IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING PADA PROGRAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN BUDAYA KERJA (P5BK) TERHADAP PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK DI SMK SAMUDRA NUSANTARA CIREBON. Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.

[img] Text
2008306088_1_cover.pdf

Download (942kB)
[img] Text
2008306088_2_bab1.pdf

Download (366kB)
[img] Text
2008306088_6_bab5.pdf

Download (267kB)
[img] Text
2008306088_7_dafpus.pdf

Download (282kB)

Abstract

Perencanaan karir penting diberikan kepada calon lulusan SMK agar terhindar dari kebingungan dalam berkarir. Pembelajaran P5BK (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja) merupakan pembelajaran yang hadir sebagai solusi dalam pengenalan, penguatan karakter, penyiapan mental dan melatih kompetensi terkait karir peserta didik. Bimbingan dan konseling melalui peran guru BK memiliki keterkaitan dengan pembelajaran P5BK guna memfasilitasi peserta didik agar mampu berdaya guna secara optimal di masa depan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam membantu perencanaan karir, menjelaskan program P5BK dengan tema budaya kerja dan mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling pada program P5BK terhadap perencanaan karir peserta didik di SMK Samudra Nusantara Cirebon. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah 1) pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam membantu perencanaan karir peserta didik di SMK Samudra Nusantara dilakukan melalui beberapa layanan diantaranya; layanan dasar, layanan responsif, layanan peminatan dan perencanaan individual serta dukungan sistem. 2) Pelaksanaan program P5BK dengan tema budaya kerja termuat di tiap mata pelajaran yang terintegrasi dengan nilai-nilai khas P5BK. Salah satunya adalah Bahasa Indonesia, PPKn, Kwu (Kewirausahaan) dan BKI (Budaya Kerja Industri). 3) Pelaksanaan bimbingan dan konseling pada program P5BK terhadap perencanaan karir peserta didik diterapkan melalui aktivitas layanannya yang terbentuk sebagai peran guru BK yaitu koordinator, kolaborator, pembimbing, informator, motivator, konselor dan fasilitator.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:40
Last Modified: 01 Aug 2024 06:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13836

Actions (login required)

View Item View Item