POLA KOMUNIKASI ORGANISASI PIMPINAN CABANG IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA (PC IPPNU) DALAM MEWUJUDKAN MISI ORGANISASI DI KABUPATEN KUNINGAN

ELIN LUSIANI, (2024) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI PIMPINAN CABANG IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA (PC IPPNU) DALAM MEWUJUDKAN MISI ORGANISASI DI KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, S1- KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM.

[img] Text
1908302004_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908302004_2_bab1.pdf

Download (581kB)
[img] Text
1908302004_6_bab5.pdf

Download (58kB)
[img] Text
1908302004_7_dafpus.pdf

Download (163kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana pola komunikasi organisasi yang dijalankan oleh organisasi Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PC IPPNU) dalam mewujudkan misi organisasinya di Kabupaten Kuningan. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Pola Komunikasi Organisasi Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PC IPPNU) dalam menerapkan misi organisasi di Kabupaten Kuningan dan untuk mengetahui upaya organisasi Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PC IPPNU) mengatasi hambatan komunikasi organisasi dalam menjalankan misi organisasi. Adapun jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dievaluasi dengan teknik analisis data pada studi kasus menurut Stake yang terbagi kedalam empat bentuk analisis data yaitu, pengumpulan kategori, interprestasi langsung, peneliti membentuk pola dan mencari kesepadanan antara dua atau lebih kategori, dan peneliti mengembangkan generalisasi naturalistic. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memperoleh data sebagai berikut : pola komunikasi organisasi yang dikembangkan oleh Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PC IPPNU) Kabupaten Kuningan yaitu pola roda. Pola roda terlihat pada adanya pemimpin yang jelas menjadi pusat perhatian dan dimana menggambarkan bahwa pemimpin menjadi sentralisasi yang menyampaikan informasi kepada anggota dan anggota akan merespon secara langsung. Selain itu, pimpinan bertugas mengawasi dan memantau seluruh kegiatan di lingkungan organisasi PC IPPNU Kabupaten Kuningan. Selain pola roda yang terdapat pada penelitian ini, PC IPPNU Kabupaten Kuningan juga mempunyai pola alur komunikasi. Pola komunikasi formal, komunikasi ini dilakukan secara vertikal, yaitu dilakukan ke atas, ke bawah dan komunikasi horizontal. Setelah menjabarkan pola komunikasi PC IPPNU Kabupaten Kuningan dapat terlihat bahwa pola komunikasi yang diterapkannya mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan organisasi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:48
Last Modified: 02 Aug 2024 07:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13882

Actions (login required)

View Item View Item