PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP HASILBELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VIII MTsN 3 CIREBON

CHUSNUL CHOTIMAH, (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP HASILBELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VIII MTsN 3 CIREBON. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1908101135_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908101135_2_bab1.pdf

Download (463kB)
[img] Text
1908101135_6_bab5.pdf

Download (347kB)
[img] Text
1908101135_7_dafpus.pdf

Download (293kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah ditemukannya nilai hasil belajar siswa yang belum maksimal di sekolah Madrasah Tsanawiyah Negri (MTs) 3 Cirebon. Guru Sejarah Kebudayaan Islam sudah menerapkan beberapa media pembelajaran, tetapi aktivitas siswanya ketika proses belajar-mengajar berlangsung menunjukan bahwa siswa kurang aktif dan sehingga dalam hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran Powtoon, mengetahui hasil belajar siswa, dan mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran poetoon terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negri (MTs) 3 Cirebon. Powtoon merupakan aplikasi yang di akses secara online, Powtoon adalah sebuah aplikasi yang bersifat online yang memungkinkan pengguna membuat video pendek yang memiliki fitur animasi yang menarik diantaranya adalah animasi kartun, dan pengaturan time line yang sangat mudah. Sedangkan hasil belajar adalah suatu yang diperoleh dari suatu proses usaha setelah melakukan kegiatan belajar yang dapat diukur dengan menggunakan tes guna melihat kemajuan siswa. Variabel dalam penelitian ini tergambarkan pada media pembelajaran problem based learning sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar siswa sebagai variabel (Y). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain: observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Kemudian data di analisis dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, mean, median, modus, iji korelasi dan koefesien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan yang signifikan dalam pengaruh penerapan media pembelajaran Powtoon terhadap hasil belajar. Diperoleh

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:20
Last Modified: 05 Aug 2024 03:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13887

Actions (login required)

View Item View Item