META-ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Dede Putri Yani. A, (2024) META-ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Bachelor thesis, S1-Tadris Biologi IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1808106033_1_cover.pdf

Download (459kB)
[img] Text
1808106033_2_bab1.pdf

Download (131kB)
[img] Text
1808106033_6_bab5.pdf

Download (76kB)
[img] Text
1808106033_7_dafpus.pdf

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap pembelajaran Biologi dalm meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Metode yang digunakan adalah meta-analisis yaitu review naratif atau review sistematik dengan menganalisis hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara nasional yang berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran Biologi. Sampel analisis adalah lima belas jurnal nasional diterbitkan pada rentang tahun 2014-2024 pada jenjang SD, SMP dan SMA, yang membahas penulisan eksperimen penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap pembelajaran Biologi. Instrumen penulisan berupa lembar pengkodean yang merangkum data dan informasi jurnal dan kemudian diolah menggunakan software JASP. Berdasarkan analisis nilai pengaruh secara keseluruhan didapatkan nilai rata�rata besar pengaruh sebesar 2,07 yang berarti dalam kategori efek besar. Temuan analisis juga menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri memberikan pengaruh dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa dilihat dari keseluruhan, jenjang pendidikan, materi atau konsep dan variabel terikat. Hal ini menunjukkan kesimpulan bahwa model pembelajaran inkuiri lebih efektif digunakan dalam pembelajaran Biologi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam studi ini. Kata Kunci: Meta-analisis, Inkuiri, Keterampilan Proses Sains Siswa, Biologi

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:16
Last Modified: 06 Aug 2024 02:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13909

Actions (login required)

View Item View Item