AJENG CITA MAWADDAH, (2024) POLA KOMUNIKASI PENGASUH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN BUDHI ASIH CIREBON. Bachelor thesis, S1- KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM.
Text
2008302001_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2008302001_2_bab1.pdf Download (474kB) |
|
Text
2008302001_6_bab5.pdf Download (360kB) |
|
Text
2008302001_7_dafpus.pdf Download (245kB) |
Abstract
Panti asuhan menerima anak-anak dari anak yatim, piatu, duafa bahkan anak terlantar hal tersebut dari berbagai macam latar belakang anak yang berbeda sangat berpengaruh dalam proses pembentukan karakter. Peran pengasuh merupakan suatu hal yang penting untuk membentuk karakter anak yang diasuhnya. Di sinilah peran pengasuh sangat diperlukan agar anak dapat mendidik dan membimbingnya, termasuk membentuk kepribadian setiap anak. Dari latar belakang tersebut Penelitian ini terdapat tiga pertanyaan diantaranya: (1) Bagaimana pola komunikasi pengasuh dengan anak asuh dalam membentuk karakter di panti asuhan Budhi Asih. (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam usaha pengasuh untuk membentuk karakter anak asuh di panti asuhan Budhi Asih . (3) Bagaimana proses pembentukan atau peningkatan pada karakter anak asuh di Panti Asuhan Budhi Asih Cirebon. Dari pertannyan tersebut penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pola komunikasi pengasuh dalam membentuk karakter anak asuh, untuk menemukan faktor penghambat dan pendukung apa saja dalam proses pembentukan karekter anak asuh, dan untuk mengetahui peningkatan apa saja yang dihasilkan dari proses pembentukan karakter yang telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawanacara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data menggunakan data primer dan sekunder. adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Miles Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) pola komunikasi yang digunakan pengasuh adalah pola roda dan pola bintang dan komunikasi antarpribadi berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Devito. (2) Ditemukan dalam faktor penghambat adalah faktor psikologis dan faktor pendukung adalah penyampaian informasi kepada anak asuh dan fasilitas yang menunjang (3) Hasil peningkatan yang dihasilkan dari proses pembentukan karakter anak asuh adalah Religius, Disiplin dan mandiri.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 02:40 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 02:40 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13916 |
Actions (login required)
View Item |