RISMA MEILIZA STIAWATI, (2024) PENGEMBANGAN MEDIA LIVEWORKSHEET BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MODEL BLENDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KONSEP SISTEM REPRODUKSI DI SMAN 8 CIREBON. Bachelor thesis, S1-Tadris Biologi IAIN Syekh Nurjati.
Text
1908106097_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
1908106097_2_bab1.pdf Download (369kB) |
|
Text
1908106097_6_bab5.pdf Download (249kB) |
|
Text
1908106097_7_dafpus.pdf Download (259kB) |
Abstract
Pendidikan saat ini sangat diperlukan untuk melatih siswanya agar memiliki keterampilan berpikir kritis sehingga mampu untuk bersikap dan berperilaku adaptif dalam menghadapi suatu tantangan serta tuntutan dalam kehidupan sehari-hari secara efektif serta pada Pada permasalahan-permasalahan di pendidikan abad 21 ini menuntut siswa untuk memiliki ketangguhan serta keterampilan berpikir kritis yang berkualitas tinggi dalam menganalisis, mengevaluasi serta mencari cara alternatif untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yakni 1) Untuk menganalisis pengembangan model Blended Discovery Learning berbantuan Liveworksheet untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa konsep sistem reproduksi di SMA Negeri 8 Cirebon, 2) Untuk menganalisis kelayakan model Blended Discovery Learning berbantuan Liveworksheet untuk diterapkan dalam pembelajaran konsep sistem reproduksi, 3) Untuk menganalisis perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang menerapkan Media Liveworksheet Menggunakan Model Blended Discovery Learning dengan siswa yang tidak menerapkan Media Liveworksheet Menggunakan Model Blended Discovery Learning pada konsep sistem reproduksi. Penelitian ini menggunakan jenis research and development (R&D) atau metode penelitian dan pengembangan yang dilakukan di SMA Negeri 8 Kota Cirebon dengan populasi 175 siswa. Sampelnya dipilih dengan menggunakan random sampling. Desain penelitian ini menggunakan pretes-posttest control group design dengan Teknik pengumpulan data menggunakan tes, validasi produk serta instrumen penelitian, tes keterampilan berpikir kritis dan angket respon siswa terhadap media. Hasil penelitian menunjukkan 1) pengembangan model Blended Discovery Learning berbantuan Liveworksheet ini dikembangkan dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE, 2) berdasarkan dengan metode perhitungan CVI dan CVR kelayakan model Blended Discovery Learning berbantuan Liveworksheet termasuk dalam kategori sangat layak, 3) terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dan terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan dengan nilai N-Gain pada rata-rata pretest-posttest serta berdasarkan pada nilai N-Gain per indikator keterampilan berpikir kritis. Kata Kunci : Model Blended Discovery Learning, Liveworksheet, Keterampilan Berpikir Kritis, ADDIE, Sistem Reproduksi Manusia
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 02:41 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 02:41 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13917 |
Actions (login required)
View Item |