KORELASI KEGIATAN KEAGAMAAN TERHADAP PENINGKATAN KEPRIBADIAN ISLAMI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 02 BANJARHARJO KABUPATEN BREBES

SOLIHATUN AULIA, (2024) KORELASI KEGIATAN KEAGAMAAN TERHADAP PENINGKATAN KEPRIBADIAN ISLAMI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 02 BANJARHARJO KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Shekh Nurjati.

[img] Text
1908101266_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1908101266_2_bab1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
1908101266_6_bab5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1908101266_7_dafpus.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan awal, peneliti menemukan berbagai macam masalah yang terjadi di SMP Negeri 02 Banjarharjo kabupaten Brebes yang kemudian menjadi latar belakang masalah penelitian ini, yaitu: Pertama, ketika disuruh shalat dhuha berjamaah peserta didik berusaha menghindar dengan bolos ke kantin atau ke kamar mandi. Kedua, pada setiap kegiatan berdoa sesudah atau sebelum pembelajaran dan pembacaan Asmaul Husna masih ditemukan ada beberapa peserta didik yang tidak khusyuk dan bergurau dengan teman sebangkunya, dan Ketiga, pada kegiatan sedekah infaq jumat hanya beberapa peserta didik yang mempunyai kesadaran diri menyisihkan uangnya untuk bersedekah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan keagamaan peserta didik SMP Negeri 02 Banjarharjo kabupaten Brebes, untuk mengetahui kepribadian Islami peserta didik SMP Negeri 02 Banjarharjo kabupaten Brebes, dan untuk mengetahui seberapa besar korelasi kegiatan keagamaan dalam peningkatan kepribadian Islami peserta didik SMP Negeri 02 Banjarharjo kabupaten Brebes. Kegiatan keagamaan adalah kegiatan yang direncanakan dengan upaya mendukung terbentuknya kepribadian yang berkaitan dengan agama, baik berupa kepercayaan maupun nilai-nilai yang menjadi rutinitas dalam kehidupan dan menjadi pedoman dalam menjalani hubungan kepada Allah SWT. dan lingkungan sekitarnya. Kepribadian Islami adalah tingkah laku atau ciri khas seseorang yang lebih mengutamakan dan mementingkan ajaran yang sesuai dengan agama Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Instrumen penelitian ini berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis uji korelasi product moment perolehan r hitung (0,656) > r tabel (0,3338) dari signifikansi 0,05 artinya korelasi antara variabel bebas dengan variabel terikat memiliki hubungan yang positif dan termasuk ke dalam hubungan korelasi yang kuat karena berada pada interval 0,61-0,80. Kemudian nilai determinasi R square sebesar 0,431 yang artinya besar pengaruh dari kegiatan keagamaan dipengaruhi oleh kepribadian Islami sebesar 43,1%, dan nilai signifikansi diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung (4,996) > t tabel (1,689), maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan keagamaan dengan kepribadian Islami peserta didik, maka terdapat korelasi kegiatan keagamaan terhadap peningkatan kepribadian Islami peserta didik SMP Negeri 02 Banjarharjo kabupaten Brebes. Kata Kunci: Kegiatan Keagamaan, Kepribadian Islami, Peserta Didik

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:49
Last Modified: 06 Aug 2024 03:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13951

Actions (login required)

View Item View Item