PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GENDER

FITRIANIH PEBRIANTI, (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GENDER. Bachelor thesis, S1-Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008105002_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008105002_2_bab1.pdf

Download (170kB)
[img] Text
2008105002_6_bab5.pdf

Download (88kB)
[img] Text
2008105002_7_dafpus.pdf

Download (224kB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika yang sering kali menjadi tantangan bagi siswa. Pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engeneering, Art and Mathematics) telah diakui sebagai pendekatan yang potensial untuk meningkatkan keterampilan ini dengan mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu. Namun, masih sedikit penelitian yang menginvestigasi bagaimana penerapan pembelajaran berbasis STEAM dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, terutama dengan mempertimbangkan perbedaan gender. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui respon siswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis STEAM, 2) mengetahui adanya perbedaan signifikan dalam peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa berdasarkan gender setelah penerapan pembelajaran berbasis STEAM, dan 3) mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa sesudah pembelajaran STEAM. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitif bersifat eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs AshShiddiqiyyah tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini kelas VII C (kelas laki-laki) dan kelas VII D (kelas perempuan). Intrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Respon siswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis STEAM memiliki rata-rata sebesar 81,80% dengan kategori baik, 2) Hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi diperoleh sebesar 0,006 < 0,05 yang berarti adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa laki-laki dan siswa perempuan, hasil analisis kemampuan komunikasi matematis siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki. 3) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan gender setelah mengikuti pembelajaran berbasis STEAM. Berdasarkan hasil uji n-gain menunjukkan peningkatan dengan hasil n-gain score rata-rata keseluruhan 0,66 dengan kategori sedang. Kata kunci: Pendekatan STEAM, Kemampuan Komunikasi Matematis, Gender

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:40
Last Modified: 06 Aug 2024 04:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13967

Actions (login required)

View Item View Item