Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Dekadensi Moral Siswa Di Smpn 17 Kota Cirebon

Hilmi Sya’bani, (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Dekadensi Moral Siswa Di Smpn 17 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Shekh Nurjati.

[img] Text
2008101002_1_cover.pdf

Download (820kB)
[img] Text
2008101002_2_bab1.pdf

Download (408kB)
[img] Text
2008101002_6_bab5.pdf

Download (172kB)
[img] Text
2008101002_7_dafpus.pdf

Download (247kB)

Abstract

Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam menyiapkan generasi penerus bangsa juga sebagai sarana dalam menanamkan nilai-nilai moral kehidupan. Kemajuan teknologi semakin berkembang dan banyak menimbulkan dampak yang luar biasa terutama dalam dunia pendidikan. Memang tidak semua berdampak buruk, namun hal tersebut dibutuhkan pengawasan agar meminimalisir dampak buruk yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam mengatasi dekadensi moral siswa, mengetahui kondisi moral siswa dan apa saja faktor penudukung serta penghambat guru PAI dalam mengatasi dekadensi moral siswa di SMPN 17 Kota Cirebon. Dekadensi moral merupakan merosotnya nilai-nilai keagamaan, nilai sosial budaya dan perkembangan moral individu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang didapatkan dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa peran guru PAI dalam mengatasi masalah dekadensi moral siswa adalah sebagai pendidik, pembentuk moral, perencana pembelajaran, pengarah, pembimbing dan problem solver. Kondisi moral siswa SMP Negri 17 Cirebon masih terdapat yang melakukan pelanggaran seperti: datang terlambat, bolos, berkata kasar. Faktor pendukung dalam mengatasi masalah dekadensi moral siswa adalah diadakannya sosialisasi, kegiatan kerohanian, adanya koordinasi yang baik antara sekolah dan wali murid. Adapun faktor penghambatnya adalah perilaku siswa yang suka membantah, kurangnya kerjasama antara siswa dan orang tua, dan guru PAI yang belum bisa menjadi teladan. Kata Kunci : Guru PAI, Dekadensi moral, Siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 06:23
Last Modified: 06 Aug 2024 06:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13992

Actions (login required)

View Item View Item