NUR ANNISA HAMDANI, (2024) IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM DIALOG INTERAKTIF CATATAN DEMOKRASI “MASIH ADA TANDA TANYA KASUS JESSICA DAN KOPI SIANIDA” DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MODUL AJAR TEKS NEGOSIASI DI SMA KELAS X. Bachelor thesis, S1-Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008110005_1_cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
2008110005_2_bab1.pdf Download (220kB) |
|
Text
2008110005_6_bab5.pdf Download (190kB) |
|
Text
2008110005_7_dafpus.pdf Download (309kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis dan fungsi implikatur percakapan dalam dialog interaktif Catatan Demokrasi “Masih Ada Tanda Tanya Kasus Jessica dan Kopi Sianida” serta pemanfaatan implikatur sebagai modul ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMA kelas X. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah video youtube Dialog Interaktif Catatan Demokrasi di tvOne yang diunduh melalui YouTube. Sedangkan data dari penelitian berupa tuturan yang mengandung implikatur percakapan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, ketekunan pengamat. Teknik Analisis Data menggunakan metode padan translasional dan metode padan pragmatis. Hasil penelitian ini ditemukan sebanyak 70 data, dengan rincian Jenis Implikatur Nonkonvensional atau Percakapan sebanyak 24 data, Implikatur Konvensional sebanyak 11 data, Fungsi Implikatur Representatif sebanyak 7 data, Implikatur Ekspresif 11 data, Implikatur Direktif 4 data, Implikatur Komisif 9 data, dan Implikatur Deklaratif 4 data. Kata Kunci : Dialog, Fungsi, Implikatur, Jenis, Percakapan
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 06:37 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 06:37 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13996 |
Actions (login required)
View Item |