Siti Nur Aisah, (2024) PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS IX MTs NEGERI 2 CIREBON. Bachelor thesis, S1-Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008110019_1_cover.pdf Download (669kB) |
|
Text
2008110019_2_bab1.pdf Download (258kB) |
|
Text
2008110019_6_bab5.pdf Download (246kB) |
|
Text
2008110019_7_dafpus.pdf Download (254kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya kemampuan menulis cerpen pada siswa. Siswa kesulitan mengungkapkan pikiran dan perasaannya dalam bentuk cerita pendek. Banyak siswa yang mengalami kendala dalam mengembangkan keterampilan menulis cerita pendeknya. Kendala tersebut antara lain siswa masih kurang berimajinasi, kurang berekspresi saat menulis cerpen, kesulitan menentukan tema, dan belum mampu menghasilkan ide. Sehingga dapat dirumuskan tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan bagaimana penggunaan metode Outdoor Learning di MTsN 2 Cirebon, 2) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Outdoor Learning terhadap pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas IX MTsN 2 Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Populasi pada penelitian ini adalah kelas IX MTs Negeri 2 Cirebon, dengan sampel pada penelitian ini adalah kelas IX A dijadikan kelompok uji coba, dan kelas IXE dijadikan kelas eksperimen. Teknik analisis data dalam uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk dan uji homogenitas menggunakan Levence Test, pada uji hipotesis menggunakan uji-f atau korelasional. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh metode pembelajaran Outdoor Learning, dibuktikan dengan adanya peningkatan dalam hasil postes. Hasil uji hipotesis menggunakan analisis uji One-Way-Anova yang dilakukan pada skor hasil pretes-postes adalah nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ha diterima atau Ho ditolak, artinya ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara sebelum menggunakan metode dan sesudah menggunakan metode. Kata Kunci: Outdoor Learning, keterampilan menulis, Cerpen
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 07:05 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 07:05 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14003 |
Actions (login required)
View Item |