MUSTOFA BAYDILLAH IRYONO, (2024) PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA ANTARA DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SSCS DAN MODEL PEMBELAJARAN TPS. Bachelor thesis, S1-Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008105018_1_cover.pdf Download (311kB) |
|
Text
2008105018_2_bab1.pdf Download (62kB) |
|
Text
2008105018_6_bab5.pdf Download (4MB) |
|
Text
2008105018_7_dafpus.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pada pembelajaran matematika di indonesia tepatnya pelajaran matematika pada pendidikan dasar maupun menengah dapat dilihat bahwa pemahaman konsep matematis menjadi salah satu tujuan penting dalam pembelajaran. Namun, pemahaman konsep matematis siswa di sekolah terbilang cukup rendah dan proses dalam pembelajaran belum memfasilitasi siswa untuk menumbuhkan pemahaman matematis. Oleh karena itu perlu adanya pembelajaran untuk mencapai tujuan penting dalam pembelajaran yaitu pemahaman konsep matematis siswa. Salah satu cara agar dapat mengukur pemahaman konsep matematis siswa dengan diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif yaitu model pembelajaran SSCS dan TPS. Penelitian ini memiliki tujuan : (1) mengetahui seberapa besar pemahaman konsep matematis siswa diajar dengan model pembelajaran SSCS (2) mengetahui seberapa besar pemahaman konsep matematis siswa diajar dengan model pembelajaran TPS (3) mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran SSCS dan model pembelajaran TPS. Penelitian ini dilakukan di MTs An-Nur kota Cirebon dengan metode penelitian yang digunakan melalui pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pos-ttest only experiment group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan sampel yang digunakan yaitu kelas VII A yang terdiri dari 31 siswa dan VII B yang terdiri dari 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa post-test yang berupa soal uraian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Rata – rata nilai pemahaman matematis siswa kelas eksperimen 1 yang menerapkan model pembelajaran SSCS sebesar 78,1 dan sebanyak 21 siswa yang lulus dengan persentase 84% (2) Rata – rata nilai pemahaman matematis siswa kelas eksperimen 2 yang menerapkan model pembelajaran TPS sebesar 75,4 dan sebanyak 17 siswa yang lulus dengan persentase 68% (3) Terdapat perbedaan yang tidak signifikan mengenai pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran SSCS dan model pembelajaran TPS. Kata kunci: Model pembelajaran SSCS, Model Pembelajaran TPS, Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 02:35 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 02:35 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14038 |
Actions (login required)
View Item |