ABD HAKIM, (2024) PERAN IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA (IPNU) DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA REMAJA MELALUI PROGRAM PERPUSTAKAAN KELILING DI DESA MERTAPADAWETAN. Bachelor thesis, S1- PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM.
Text
1908305027_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
1908305027_2_bab1.pdf Download (838kB) |
|
Text
1908305027_6_bab5.pdf Download (814kB) |
|
Text
1908305027_7_dafpus.pdf Download (886kB) |
Abstract
Permasalahan indeks literasi membaca di Provinsi Jawa Barat tahun 2022 menempati angka 61,49 % ini masih terbilang sangat rendah. Menurut hasil penelitian UNESCO, Indonesia merupakan negara dengan minat baca yang paling rendah di ASEAN. Rendahnya budaya membaca ini dibuktikan dengan indeks membaca masyarakat Indonesia yang baru 0,001%, yang artinya hanya ada satu orang yang masih memiliki minat baca yang tinggi dari seribu penduduk. Fenomena tersebut juga terjadi di Desa Mertapadawetan Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon, kurangnya tingkat minat baca masyarakat khususnya pada remaja menjadi faktor yang sangat penting untuk segera diatasi sebaik mungkin. (Munir & Hidayatullah, 2019). Berdasarkan realitas tersebut, maka peneliti mengajukan 3 pertanyaan penelitian yatu: (1) Bagaimana peran organisasi IPNU dalam meningkatkan minat baca remaja melalui program literasi perpustakaan keliling?; (2) Bagaimana metode yang dilakukan organisasi IPNU dalam meningkatkan minat baca remaja?; (3) Seperti apa hasil kegiatan yang dilakukan organisasi IPNU dalam rangka meningkatkan minat baca remaja? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Teknik penarikan informan dengan menggunakan purposive serta menggunakan tiga teknik pengupulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian menggunakan metode lapangan, yakni dengan melakukan reduksi data, penyajian data, serta verifikasi atau penarikan kesimpulan. Setelah data terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah melakukan triangulasi atau penggabungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Organisasi IPNU Mertapadawetan yaitu dapat meminimalisir remaja dalam menggunakan smartphone, sebagai wadah untuk para remaja dalam mengekpresikan diri, iii mengembangkan potensi dan meningkatkan minat baca. Metode yang digunakan yaitu dengan melakukan pengabdian dan pendampingan, menjelaskan sinopsis buku untuk menarik minat pembaca dan menyediakan buku yang banyak disukai. Adapun hasilnya minat baca remaja semakin meningkat, dapat menambah pengetahuan dan wawasan serta remaja dapat membedakan informasi hoax dan valid. Berdasarkan hasil tinjauan mengenai minat baca yang meningkat, dibuktikan dengan adanya peningkatan pengunjung perpustakaan keliling dari waktu kewaktu. Oleh karena itu peran IPNU Mertapadawetan memberikan dampak yang positif dalam peningkatan minat baca di tengah masyarakat.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 03:50 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 03:50 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14084 |
Actions (login required)
View Item |