ANNIS SHOLIHA SUHANDA, (2024) PENGARUH KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP HIMPUNAN DAN GEOMETRI DALAM AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA. Bachelor thesis, S1-Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008105059_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2008105059_2_bab1.pdf Download (226kB) |
|
Text
2008105059_6_bab5.pdf Download (315kB) |
|
Text
2008105059_7_dafpus.pdf Download (157kB) |
Abstract
Dalam Al-Qur'an mengandung banyak aspek yang menjelaskan banyak konsep matematika, sehingga matematika dan Al-Qur'an sangat terkait satu sama lain. Pentingnya pembelajaran matematika terletak pada peranannya yang krusial dalam menyelesaikan berbagai permasalahan sehari-hari. Namun, terdapat kesulitan yang dihadapi oleh sebagian siswa dalam memahami materi matematika. Oleh karena itu menyebabkan rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan koneksi matematis siswa. Akan tetapi pada penelitian ini peneliti hanya membahas tentang pengaruh kemampuan pemahaman konsep himpunan dan geometri dalam al-qur’an terhadap kemampuan matematis siswa. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, populasi seluruh kelas VII MTS Negri 1 Kota Cirebon dengan sempel penelitian kelas VII D berjumlah 32 siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui jumlah ayat-ayat Al-Qur’an yang membahas tentang konsep himpunan dan geometri 2) Mengetahui seberapa besar kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi himpunan dan geometri dalam al-qur’an 3) Mengetahui seberapa besar kemampuan koneksi matematis siswa pada materi himpunan dan geometri dalam al-qur’an 4) Mengetahui tentang pengaruh kemampuan pemahaman konsep himpunan dan geometri dalam al-qur’an terhadap kemampuan matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Shot Model yaitu suatu model pendekatan yang melibatkan pengumpulan data hanya satu kali pada suatu titik waktu tertentu dengan menggunakan Post test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Terdapat 16 surat dan 44 ayat Al - Qur’an yang membahas Himpunan dan Geometri 2) Kemampuan pemahaman konsep dari 32 siswa hanya 14 siswa atau 43,75 % yang telah memenuhi KKM; 3) Kemampuan koneksi matematis menunjukkan bahwa dari 32 siswa hanya 14 siswa atau 43,75 % yang telah memenuhi KKM; 4) Pada uji regresi sederhana menghasilkan nilai
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 03:32 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 03:32 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14088 |
Actions (login required)
View Item |