Meningkatkan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Media Counting Box di PAUD Raudhlatul Jannah Cirebon.

SITI BARKATUSSALSABILA, (2024) Meningkatkan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Media Counting Box di PAUD Raudhlatul Jannah Cirebon. Bachelor thesis, S1-Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008108015_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008108015_2_bab1.pdf

Download (551kB)
[img] Text
2008108015_6_bab5.pdf

Download (213kB)
[img] Text
2008108015_7_dafpus.pdf

Download (448kB)

Abstract

Matematika memiliki pengaruh besar dalam kehidupan manusia. Mengingat pentingnya matematika yang tidak jauh dari menghitung dan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, anak perlu dikenalkan sejak dini agar anak memiliki life skills dimasa depan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat kemampuan Matematika di PAUD Raudhlatul Jannah yang masih rendah, dimana sebagian besar anak masih dalam kategori BB (Belum Berkembang). Berdasarkan latar belakang tersebut Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Matematika anak di PAUD Raudhlatul Jannah Cirebon melalui media Counting Box. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurl Lewin dengan dua siklus yakni siklus 1 dan siklus 2, pada siklus 1 dilakukan sebanyak enam kali tindakan dan pada siklus 2 dilaksanakan sebanyak enam kali tindakan. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di PAUD Raudhlatul Jannah Desa Japura Bakti Kec. Astanajapura Kab. Cirebon. Subjek penelitian ini anak kelas A yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk persentase yang dijelaskan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah pada kegiatan pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh anak kelas A sebesar 40% termasuk dalam kriteria BB (Belum Berkembang). Kemudian nilai yang diperoleh pada siklus 1 sebesar 78% terdapat 10 anak yang termasuk dalam kategori BSB (Berkembang Sangat Baik) namun masih juga terdapat 5 anak yang masih dalam kategori MB (Mulai Berkembang). Selanjutnya peneliti melakukan kegiatan siklus 2 nilai yang diperoleh pada siklus ini sebesar 92% termasuk dalam kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan Matematika anak kelas A di PAUD Raudhlatul Jannah telah meningkat dengan menggunakan media Counting Box. Kata Kunci : Matematika, Anak Usia Dini, Media Counting Box

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 Aug 2024 04:41
Last Modified: 08 Aug 2024 04:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14098

Actions (login required)

View Item View Item