PEMBERDAYAAN IBU RUMAH TANGGA MELALUI PROGRAM PEMBERANTASAN BUTA HURUF AL-QUR’AN DI KEDAWUNG KABUPATEN CIREBON

FARIKHATUS SOLIKHA, (2024) PEMBERDAYAAN IBU RUMAH TANGGA MELALUI PROGRAM PEMBERANTASAN BUTA HURUF AL-QUR’AN DI KEDAWUNG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM.

[img] Text
2008305022_1_cover.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2008305022_2_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008305022_6_bab5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008305022_7_dafpus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ibu rumah tangga di Kedawung Kabupaten Cirebon aktif dalam mengikuti kegiatan majelis taklim, akan tetapi masih banyak ibu-ibu yang belum mengenal huruf hijaiyah dan hanya mengikuti apa yang dibaca oleh ustadzah. Selain itu, ibu rumah tangga masih belum bisa membaca Al-Qur‟an dengan benar dan terbatabata, hal ini terjadi karena adanya keterbatasan waktu untuk mempelajari Al- Qur‟an. Oleh karena itu, penyuluh agama di bawah naungan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan kedawung mengadakan program pemberantasan buta huruf Al-Qur‟an. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisi implementasi, faktor pendukung dan penghambat, serta dampak pemberdayaan ibu rumah tangga melalui program pemberantasan buta huruf Al-Qur‟an. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga jenis teknik meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Adapun pada teknik kualitas data menggunakan triangulasi sumber. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi program pemberantasan buta huruf Al-Qur‟an dilakukan dengan 4 tahapan meliputi a) tahap penyadaran atau pemberian pengetahuan, b) tahap pelatihan, c) tahap pendampingan, d) tahap evaluasi. Adapun faktor pendukung pemberdayaan ibu rumah tangga melalui program pemberantasan buta huruf Al-Qur‟an meliputi faktor internal berupa pengelolaan waktu dan faktor eksternal berupa kompetensi pengajar, motivasi lingkungan, suasana belajar, sarana belajar dan sistem pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat meliputi faktor internal berupa kesehatan, rasa malas dan kecepatan memahami materi, sedangkan faktor eksternal berupa kurangnya pendanaan. Selain itu, Dampak pemberdayaan ibu rumah tangga melalui program pemberantasan buta huruf Al-Qur‟an meliputi a) pengetahuan, b) kemampuan, c) kepercayaan diri, d) meramaikan masjid dan e) sosial.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:43
Last Modified: 08 Aug 2024 06:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14115

Actions (login required)

View Item View Item