AHMAD SALABI, (2024) Penerapan Nilai-nilai Etika Siswa Dalam Upaya Mengatasi Degradasi Moral.Studi Analisis Pada Pembelajaran IPS di MTs Bina Cendekia Cirebon. Skripsi. Jurusan Tadris IPS. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Text
1908104038_1_cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
1908104038_2_bab1.pdf Download (1MB) |
|
Text
1908104038_6_bab5.pdf Download (1MB) |
|
Text
1908104038_7_dafpus.pdf Download (1MB) |
Abstract
Hidup bersama dalam suatu lingkungan membutuhkan suatu nilai yang menjadi acuan seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain. Nilai acuan tersebut dinamakan nilai sosial. nilai sosial yang telah dianut masyarakat jika tidak diamalkan, disintegrasi dapat terjadi. Seperti halnya pada anak remaja sekolah menengah pertama, ketika mereka tidak dapat bertindak sesuai nilai sosial maka akan tercipta perilaku sosial yang kurang baik, maka dari itu perlu adanya penanaman atau penerapan nilai sosial sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan 1) Metode penerapan nilai-nilai etika sosial siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTs bina Cendekia Cirebon. 2) Bentuk-bentuk nilai etika sosial yang diajarkan dalam pembelajaran IPS di kelas VIII B 3) Serta upaya sekolah dalam mengatasi degradasi moral siswa di MTs Bina Cendekia Cirebon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan penerapan nilai-nilai etika sosial siswa dalam mengatasi degradasi moral. Sumber data primer yang diperoleh dalam penelitian ini adalah melalui pertanyan-pertanyaan pada informan guna mendapat informasi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yakni menggunakan daftar pertanyaan. Data sekunder yang diperoleh oleh peneliti melalui sumber bacaan baik itu dari buku, jurnal, artikel, dan perpustakaan. Metode yang di gunakan dalam menganalisis data yakni reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ialah (1) penerapan nilai-nilai etika sosial di MTs Bina Cendekia Cirebon secara bertahap mampu memberikan perubahan pada siswa untuk tidak berkata kasar dan kotor ketika sedang berbicara, berprilaku sopan terhadap guru, saling menghargai sesama teman, kemudian para siswa juga terbiasa memakai seragam sekolah dengan rapih,siswa disiplin berangkat dan pulang sesuai jadwal (2) bentuk-bentuk nilai etika sosial siswa yang diajarkan khusus dalam pelajaran IPS sangat beragam mulai dari siswa harus dibiasakan disiplin berangkat sekolah tidak boleh terlambat, berpakaian seragam sekolah rapih dan sopan, tidak membuang sampah sembarangan,menjaga kebersihan lingkungan kelas dan sekolah, harus berperilaku dan bertutur kata sopan dengan guru atau yang lebih tua, kemudian siswa diajarkan untuk saling memahami perbedaan setiap individu siswa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti siswa berantem dengan sesama temannya. 3) Upaya-upaya preventif yang dilakukan sekolah MTs Bina Cendekia Cirebon dalam mengatasi atau mengantisipasi terjadinya degradsi moral siswa ialah dengan membuat serangkaian program-program yang dapat menunjang pembentukan karakter siswa, melalui pembiasaan setiap pagi hari membaca surat-surat pendek, solat dzuhur berjama‟ah, serta membuat tata tertib sekolah untuk mengontrol perilaku siswa selama di sekolah. Kata Kunci : Etika Sosial Siswa, Degradasi Moral, MTs Bina Cendekia Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 10 Aug 2024 15:37 |
Last Modified: | 10 Aug 2024 15:37 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14219 |
Actions (login required)
View Item |