Peran Guru IPS Dalam Menumbuhkan Jiwa Kreatif Dalam Berwirausaha pada Kelas IX di MTs Daarul Fathonah Tegalgubug Lor Arjawinangun Kabupaten Cirebon

Sifana Adila, (2024) Peran Guru IPS Dalam Menumbuhkan Jiwa Kreatif Dalam Berwirausaha pada Kelas IX di MTs Daarul Fathonah Tegalgubug Lor Arjawinangun Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
2008104010_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008104010_2_bab1.pdf

Download (179kB)
[img] Text
2008104010_6_bab5.pdf

Download (67kB)
[img] Text
2008104010_7_dafpus.pdf

Download (69kB)

Abstract

Globalisasi saat ini membawa perubahan dan dampak terhadap berbagai aspek kehidupan, baik ekonomi, masyarakat, budaya, dan pendidikan. Upaya untuk membantu generasi muda dalam menumbuhkan jiwa kreatif dalam berwirausaha dapat dibantu dalam dunia pendidikan, dan guru mempunyai peran penting dalam pembinaan kepada siswa salah satunya seperti sebagai fasilitator bahkan motivator dalam menumbuhkan minat berwirausaha pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan: 1) pembelajaran materi kewirausahaan dalam mata pelajaran IPS kelas IX di MTs Daarul Fathonah, 2) jiwa kreatif dalam berwirausaha siswa kelas IX di MTs Daarul Fathonah, 3) peran guru IPS dalam menumbuhkan jiwa kreatif dalam berwirausaha pada kelas IX di MTs Daarul Fathonah. Penelitian ini mempunyai titik tertentu dari kerangka berpikir, bahwasannya guru dalam dunia pendidikan mempunyai peran penting seperti sebagai pendidik, pembimbing, fasilitator bahkan sebagai evaluator bagi siswa. Bukan hanya itu saja, guru juga bertugas mengupayakan siswa agar bisa membentuk kepribadian siswa dan mengembangkan bakat yang mereka punya serta menumbuhkan jiwa kreatif siswa dalam berwirausaha salah satunya melalui materi kewirausahaan dalam mata pelajaran IPS. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulannya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian menggunakan teknik analisis data yang bertahap melalui pengumpulan data terlebih dahulu, reduksi data, penyajian data, sampai verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini antara lain : 1) pembelajaran materi kewirausahaan dalam mata pelajaran IPS kelas IX di MTs Daarul Fathonah guru IPS melakukan banyak cara dengan menggunakan metode dan model pembelajaran yang menarik salah satunya Kontekstual Learning, 2) jiwa kreatif dalam bewirausaha siswa kelas IX di MTs Daarul Fathonah sudah terlihat ketika melakukan praktik berdagang meraka sangat antusias sekali dengan semangat dan percaya diri, 3) peran guru IPS dalam menumbuhkan jiwa kreatif dalam berwirausaha pada siswa kelas IX di MTs Daarul Fathonah guru IPS di sini mampu menumbuhkan jiwa kreatif dalam berwirausaha pada siswa dengan cara praktik berdagang, memotivasi terkait kewirausahaan, mengajak siswa ke Pasar Sandang Tegalgubug serta memperkenalkan mereka dengan aplikasi lazada untuk mengetahui dasar-dasar mengoprasikan aplikasi itu untuk berjulan online. Kata Kunci:Berwirausaha, Jiwa Kreatif, Peran Guru

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Aug 2024 04:00
Last Modified: 11 Aug 2024 04:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14231

Actions (login required)

View Item View Item