Firli Imtiyaz, (2024) Pengaruh Perubahan Kurikulum Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di SMP Negeri 7 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Text
2008104026_1_cover.pdf Download (502kB) |
|
Text
2008104026_2_bab1.pdf Download (436kB) |
|
Text
2008104026_6_bab5.pdf Download (462kB) |
|
Text
2008104026_7_dafpus.pdf Download (395kB) |
Abstract
Kurikulum menjadi salah satu pedoman yang digunakan dalam dunia pendidikan sebagai tujuan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah. Sehingga perubahan, pembaharuan serta penambahan pada kurikulum bukan menjadi hal yang baru dalam dunia pendidikan. Perubahan kurikulum ini diharapkan mampu memberikan peningkatan terhadap kemampuan peserta didik termasuk prestasi peserta didik. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui perubahan kurikulum di SMPN 7 Kota Cirebon, untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik di SMPN 7 Kota Cirebon serta untuk mengetahui pengaruh perubahan kurikulum terhadap prestasi belajar SMPN 7 Kota pada mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif deskriptif. Dengan jumlah sampel sebanyak 104 responden yang diambil dari siswa SMPN 7 Kota Cirebon. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji prasyarat, uji normalitas, uji linieritas, uji regresi sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini 1) Perubahan kurikulum yang terjadi ini memiliki respon yang baik hal ini ditunjukkan dengan prosentasi jawaban sebesar 81,83%. Berdasarkan hasil tersebut maka prosentase pada tabel di atas berada pada tingkat 75%-100% dengan kualifikasi “sangat baik”, yang menunjukkan bahwa perubahan kurikulum mempengaruhi siswa. 2) Prestasi belajar siswa di SMPN 7 Kota Cirebon setelah dilakukannya penerapan kurikulum merdeka oleh sekolah mengalami peningkatan yang signifikan dengan ditunjukkan oleh nilai rata-rata sebesar 84,58 yang artinya bahwa nilai ini telah berada di atas nilai KKM SMPN 7 Kota Cirebon. Serta dari 104 siswa yang dijadikan sampel dinyatakan tuntas dalam proses belajar mengajar. 3) Terdapatnya pengaruh perubahan kurikulum terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 7 Kota Cirebon hal ini dibuktikan dengan diperolehnya uji hipotesis bahwa nilai t hitung 8.289 > t tabel 1.980 atau nilai sig 0,000 > 0,05. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan menyatakan bahwa Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa perubahan kurikulum mempengaruhi prestasi belajar siswa di SMPN 7 Kota Cirebon hal ini dibuktikan dengan hasil uji t nilai t hitung 8.289 > t tabel 1.980 atau nilai sig 0,000 > 0,05. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan menyatakan bahwa Ha diterima. Artinya bahwa perubahan kurikulum berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Kurikulum, Prestasi, Belajar
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 11 Aug 2024 04:15 |
Last Modified: | 11 Aug 2024 04:15 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14234 |
Actions (login required)
View Item |