PERAN GURU IPS DALAM PENGEMBANGAN POTENSI DIRI PESERTA DIDIK PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMP N 4 PALIMANAN

DEVITA FITRIYANA, (2024) PERAN GURU IPS DALAM PENGEMBANGAN POTENSI DIRI PESERTA DIDIK PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMP N 4 PALIMANAN. Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
2008104058_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008104058_2_bab1.pdf

Download (589kB)
[img] Text
2008104058_6_bab5.pdf

Download (631kB)
[img] Text
2008104058_7_dafpus.pdf

Download (637kB)

Abstract

Potensi diri peserta didik yang kurang maksimal dapat disebabkan oleh peran guru yang kurang dan perubahan kurikulum tanpa dibarengi dengan kemampuan guru dalam pengelolaan proses pembelajaran di sekolah. Hal demikian patut menjadi perhatian bagi seluruh pihak terkait baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Potensi diri ini tidak hanya bergantung kepada kemampuan seseorang anak dalam menghafal sebuah teori namun juga mampu mengoptimalkan seluruh kemampuan, minat dan bakat yang dimilikinya. Kurikulum merdeka menjadi salah satu kurikulum yang mengedepankan pengembangan terhadap potensi diri peserta didik, sehingga diharapkan peserta didik memiliki bekal dalam menghadapi perubahan dan tuntutan zaman yang semakin kompleks. Tujuan melakukan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru IPS dalam mengembangkan potensi diri peserta didik melalui kurikulum merdeka, untuk mengetahui penerapan pengembangan potensi diri peserta didik serta untuk mengetahui faktor hambatan yang dihadapi oleh guru IPS dalam mengembangkan potensi diri peserta didik di SMPN 4 Palimanan. Peran guru IPS dalam mengembangkan potensi diri peserta didik ini diharapkan mampu mengoptimalkan seluruh kemampuan yang dimilikinya sehingga peserta didik memiliki pengalaman belajar yang bermakna. Melalui peran guru IPS maka potensi diri peserta didik yang dimiliki sejak ia kecil mampu ditingkat serta didukung melalui program yang tertuang di kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan study kasus. Dengan melakukan studi kasus, peneliti akan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang kasus-kasus dunia dan berhipotesis bahwa pemahaman ini mungkin melibatkan kondisi latar belakang penting yang relevan dengan kasus yang diteliti.Teknik analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini 1) peran guru IPS dalam mengembangkan potensi diri peserta didik ini yaitu mengkaitkan konten belajar IPS dengan kondisi kenyataan di masyarakat sehingga siswa mampu memiliki keterampilan berpikir kritis, inovatif dan kreatif 2) penerapan pengembangan potensi diri peserta didik ini dilakukan dengan menyusun program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa seperti proses pembelajaran berbasis proyek, diskusi, penelitian, literasi digital, discovery learning sampai kepada penciptaan terhadap sebuah produk atau karya serta menggunakan pendekatan pembelajaran yang mampu mendorong pengembangan potensi diri peserta didik 3) faktor penghambat dalam pengembangan potensi diri peserta didik ini yaitu motivasi dan minat belajar siswa yang rendah, sarana dan prasarana yang kurang memadai serta sumber belajar yang masih sulit diakses. Kata Kunci : Peran, Guru, Potensi Diri, Kurikulum

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Aug 2024 04:57
Last Modified: 11 Aug 2024 04:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14244

Actions (login required)

View Item View Item