Peran Guru Dalam Mengembangkan Sikap Nilai Moral Agama Pada Masa Pandemi di RA Mas’udiyah.

FAQTA QUDROTILLAH, (2024) Peran Guru Dalam Mengembangkan Sikap Nilai Moral Agama Pada Masa Pandemi di RA Mas’udiyah. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
1608108065_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1608108065_2_bab1.pdf

Download (421kB)
[img] Text
1608108065_6_bab5.pdf

Download (243kB)
[img] Text
1608108065_7_dafpus.pdf

Download (299kB)

Abstract

Peneliti ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran guru dalam menumbuhkan perkembangan nilai moral agama pada anak. Pengembangan nilai moral agama merupakan salah satu aspek yang perlu untuk di kembangkan sejak usia dini. Pengembangan nilai moral agama adalah tugas seorang guru, orang tua dan juga masyarakat. selain orang tua dan masyarakat, peran guru sangatlah penting untuk mengembangkan sikap nilai moral agama anak usia dini. Nilai moral agama dapat dibentuk melalui peran guru di sekolah ,salah satunya dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang mengandung nilai moral agama sesuai pada RPPH/RPPM disekolah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek utama dalam penelitian iniadalah kepala sekolah, dan guru RA Mas’udiyah.teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru dalam mengembangkan sikap nilai moral agama anak usia dini terlaksana dan tercantum dalam kurikulum. Guru sebagai motivator anak usia dini di sekolah untukmengembangkan sikap nilai moral agama melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada saat pembelajaran di RA Mas’udiyah dengan Langkah-langkah mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan. Faktor pendukung penerapan pengembangan nilai moral agama pada masa pandemi adalah guru yang kompeten, dan media pembelajaran yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya adalah peraturan pemerintah yang menutup sementara akses jalannya tatap muka melakukan pembelajaran. Kata kunci: Peran Guru, Anak Usia Dini, Pengembangan Nilai Moral Agama.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 12 Aug 2024 02:11
Last Modified: 12 Aug 2024 02:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14249

Actions (login required)

View Item View Item