Ratih Sifa Ainiyah, (2024) Penerapan Metode Proyek Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak di PAUD KB IT Rumah Mentari. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Text
1708108016_1_cover.pdf Download (985kB) |
|
Text
1708108016_2_bab1.pdf Download (422kB) |
|
Text
1708108016_6_bab5.pdf Download (380kB) |
|
Text
1708108016_7_dafpus.pdf Download (506kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena penggunaan metode proyek dalam kegiatan pembelajaran dapat disajikan sebagai kegiatan belajar yang menarik untuk anak dalam mengembangkan sosial emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode proyek dalam mengembangkan sosial emosional dalam aktivitas belajar anak di PAUD KB IT Rumah Mentari. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan kepala sekolah, guru, dan orang tua peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan dilanjutkan dengan pemeriksaan keabsahan data. PAUD KB IT Rumah Mentari menerapkan metode proyek, dimana pada metode ini anak-anak akan aktif bersosial, mempersatukan berbagai karakter anak melalui kerjasama dalam membuat karya di kelas, memahami dan mengembangkan keterampilan sosial emosional mereka secara bertahap. Penerapan metode proyek di PAUD KB IT Rumah Mentari berdampak baik bagi anak-anak, sosial emosional mereka semakin meningkat. PAUD KB IT Rumah Mentari percaya penerapan metode proyek dengan menggunakan media dalam kegiatan pengembangan moral dapat membantu individu memahami, merenungkan dan menerapkan nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang lebih menarik dan praktis. Selain itu, anak-anak sudah lebih sabar ketika bermain dengan teman-temannya, hal ini karena dampak dari anakanak mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode proyek. Penggunaan metode proyek di PAUD KB IT Rumah Mentari diharapkan mampu mengembangkan sosial emosional anak. Kata Kunci: Pembelajaran, Metode Proyek, Sosial Emosional Anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 02:17 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 02:17 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14252 |
Actions (login required)
View Item |