QAIS NAUFAL AZMI, (2024) PENGARUH APRESIASI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI ANAK USIA DINI DI TKIT SABILUL HUDA CIREBON. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Text
1908108011_1_cover.pdf Download (519kB) |
|
Text
1908108011_2_bab1.pdf Download (270kB) |
|
Text
1908108011_6_bab5.pdf Download (195kB) |
|
Text
1908108011_7_dafpus.pdf Download (212kB) |
Abstract
Keluarga memiliki peran yang besar dalam pembentukan karakter seorang anak. Seorang anak akan menjadi generasi penerus bangsa. Oleh karenanya orang tua harus mampu membekali kepribadian anak sejak dini. Pola asuh dan cara mendidik orang tua akan mempengaruhi perkembangan anak sebagai generasi muda. Anak membutuhkan apresiasi atas setiap perbuatan baik yang dilakukan karena perbuatan baik yang mereka lakukan juga merupakan prestasi. Prestasanak harus diakui agar mereka tahu bahwa yang dilakukan itu benar dan penting. Tanpa apresiasi, anak tidak memiliki motivasi untuk melakukan apapun karena menganggap apa yang dilakukannya tidak penting, bahkan salah. Oleh karena itu, kehadiran orang tua yang dapat menunjukkan apresiasi sangat diperlukan. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk, menganalisa apresiasi orang tua pada anak usia dini di TKIT Sabilul Huda Cirebon, Mengidentifikasi prestasi anak usia dini di TKIT Sabilul Huda Cirebon, Menganalisa pengaruh apresiasi orang tua terhadap prestasi anak usia dini di TKIT sabilul huda cirebon. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket tertutup dan wawancara tidak terstruktur kepada orang tua dan guru PAUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua anak usia dini di TKIT Sabilul Huda Cirebon menunjukan bahwa 98% orang tua memberikan apresiasi kepada anak, seperti orang tua memberikan makanan ringan favorit anak jika anak dapat berhasil mencapai target belajar, orang tua memberikan mainan jika anak dapat berhasil mencapai target belajar, orang tua memberikan benda favorit jika anak dapat berhasil mencapai target belajar, orang tua memberikan kata-kata pujian jika anak dapat berhasil mencapai target belajar, orang tua memberikan pelukan dan tepukan di pundak jika anak dapat berhasil mencapai target belajar, dan orang tua memberikan ciuman di pipi jika anak dapat berhasil mencapai target belajar. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y dibuktikan dari hasil uji regresi linear sederhana pada koefisiensi determinan kolom R Square, yaitu sebesar 0,191 yang artinya, bahwa intensitas apresiasi belajar memberikan kontribusi sebesar 0,191 (0,191 x 100 = 19,1 %) terhadap prestasi belajar anak di TKIT Sabilul Huda Cirebon, sedangkan sisanya sebesar 80,9 % prestasi belajar anak dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Anak Usia Dini, Apresiasi, Prestasi
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 02:26 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 02:26 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14256 |
Actions (login required)
View Item |