FRISKE SUCI INDAHSARI, (2024) Implementasi Metode Wafa dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di PAUD Al-HIKMAH Desa Wanayasa Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Text
1908108052_1_cover.pdf Download (836kB) |
|
Text
1908108052_2_bab1.pdf Download (470kB) |
|
Text
1908108052_6_bab5.pdf Download (268kB) |
|
Text
1908108052_7_dafpus.pdf Download (384kB) |
Abstract
Penelitian tentang implementasi metode wafa dengan penekanan khusus pada pemahaman huruf hijaiyah, serta penggunaan warna dan nada yang efektif, memiliki relevansi yang besar. Dengan pendekatan ini, di harapkan bahwa implementasi metode wafa yang di sesuaikan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini, terutama dalam konteks pemahaman huruf hijaiyah dalam pendidikan islam. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui implementasi metode wafa dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di PAUD Al-Hikmah, Mengetahui perkembangan kognitif anak usia dini di PAUD Al-Hikmah dan Mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode wafa di PAUD Al-Hikmah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian Implementasi metode wafa dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di PAUD Al-Hikmah Desa Wanayasa Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data primer adalah kepala sekolah dan guru. Sumber data sekundernya adalah referensi dari berbagai buku terkait metode wafa dan kognitif anak. Untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini, peneliti menemukan bahwa PAUD Al-Hikmah Desa Wanayasa telah mengimplementasikan pembelajaran metode wafa. Dalam implementasi pembelajaran metode wafa ada 3 tahapan yaitu: 1) tahapan perencanaan yaitu menyiapkan semua alat dan bahan yang akan diajarkan oleh gurunya,berhubung disini pembelajaraannya diluar KBM jadi perangkat pembelajaraanya tidak menggunakan RPP 2) Tahap pelaksanaan yaitu pertama,pembukaan kedua,memberikan materi atau mencontohkan bacaan ketiga penutup atau evaluasi. 3) tahap evaluasi yaitu penilaian melalui buku prestasi dengan cara menceklis terhadap kemampuan metode wafa kemudian apabila anak banyak kesalahan dalam membacanya guru memberi titik untuk menandakan anak tersebut belum lulus dilahaman tersebut kemudian jika lancar diberi tanda ceklis menandakan anak tersebut lancar. Media yang digunakan yaitu buku wafa dan kartu wafa. (2) perkembangan kognitif anak usia dini di PAUD Al-Hikmah, Perkembangan kognitif anak pun sudah mulai berkembang. Melalui metode wafa tidak hanya menggunakan huruf hijaiyah secara terstruktur. Melainkan memiliki muatanmuatan yang dapat menstimulus perkembangan kognitif anak.(3) faktor pendukung dan penghambat implementasi metode wafa di PAUD Al-Hikmah,terbagi menjadi 2 macam yaitu faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung yaitu,anak mudah untuk mengingat huruf-huruf hijaiyah, orang tua mendukung untuk membeli buku wafa dan sebagian guru sudah bersertifikasi. Selanjutnya faktor penghambat diantaranya: anak kurang fokus ketika membaca buku tilawah, anak tidak mood ketika belajar, orang tua terkendala dengan biaya untuk pembelian buku wafa dan ada beberapa guru yang belum bersertifikasi wafa. Kata Kunci : Implementasi, Metode Wafa, Perkembangan Kognitif
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 02:37 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 02:37 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14262 |
Actions (login required)
View Item |