MUHAMMAD IZZUDIN AL QOSAM, (2024) KONTRIBUSI DAN PERAN S{AFIYYAH BINTI H{UYAY DALAM PERIWAYATAN HADIS PADA AL-KUTUB AL-TIS’AH. Bachelor thesis, S1-ILMU HADIST.
Text
2008307017_1_cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
2008307017_2_bab1.pdf Download (751kB) |
|
Text
2008307017_6_bab5.pdf Download (313kB) |
|
Text
2008307017_7_dafpus.pdf Download (371kB) |
Abstract
Dalam periwayatan Hadis terdapat ketimpangan gender yang menjadi sebuah fenomena yang tercatat dalam sejarah. Hal ini tercermin dalam jumlah rawi perempuan yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan rawi laki-laki. keterbatasan jumlah rawi perempuan bukan berarti kontribusi dan kehadiran perempuan dalam Islam diabaikan. Terdapat perempuan-perempuan hebat (Aisyah, Ummu Dardah, Ummu Habibah, Maimunah binti Al-Haris\). Serta salah satu yang signifikan dalam meriwayatkan Hadis adalah Istri Rasulullah saw. yaitu S{afiyyah binti H{uyay, S{afiyyah diambil sebagai objek penelitian karena beliau satu-satunya istri Rasulullah saw. yang berasal dari kaum Yahudi keturunan dari Nabi Harun as. yang masuk Islam setelah terjadi perang Khaibar di Madinah. Berdasarkan latar belakang tersebut, kemudian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Hadis-Hadis riwayat S{afiyyah binti H{uyay serta mengetahui kualitas dari Hadis-Hadis yang diriwayatkannya dalam Al-Kutub Al- Tis’ah. Setelah data dikumpulkan, langkah selanjutnya adalah mempelajari data tersebut dan membaginya menjadi sub-masalah atau aspek-aspek yang perlu diuraikan lebih lanjut dalam analisis deskriptif. Analisis deskriptif bertujuan untuk memberikan gambaran rinci dan mendalam mengenai fenomena atau subjek penelitian. Pendekatan penelitian menggunakan metode kepustakaan dengan pendekatan kualitatif, dengan menggali data dari Al-Kutub Al-Tis’ah dan kitab Rijal Hadis seperti Tahz\ib Al-Kamal Fi Asma>’ Al-Rijal, Al-Jarh Wa Ta’dil, dan Taqrib Al- Tahz\ib, serta buku-buku dan tulisan ilmiah yang terkait dengan subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tema utama dalam Hadis yang diriwayatkan oleh S{afiyyah, yakni ibadah (I’tikaf dan Haji), Hadis-Hadis I’tikaf tersebar di kitab S{ahih Bukhari (6), S{ahih Muslim (2), Sunan Abu Dawud (2), Sunan Al-Nasa’I (2), Sunan ibn Majah (1), Sunan Al-Darimi (1), Musnad Ahmad (1). Dengan riwayat Abu Dawud sebagai sampel dan sanadnya berkualitas Sahih Lizatihi. Sedangkan Hadis yang bertema Haji hanya diriwayatkan Ah}mad bin H{ambal (1) dengan kualitas sanadnya Da’if (terputus pada generasi Tabi’in). Hadis bertema peperangan diriwayatkan ibn Majah (1), Al-Tirmiz\i (1), Ah}mad bin H{ambal (4) dengan kualitas sanadnya H{asan Lizatihi (Perawi majhul pada generasi Tabi’in, namun hanya ibn Hajar yang menyebutkan). Hadis bertema minuman diriwayatkan Ah}mad bin H{ambal (3) dengan kualitas sanadnya Da’if (Perawi pada generasi Tabi’in tidak tercantum dalam kitab rijal). Hadis kehidupan rumah tangga S{afiyyah hanya diriwayatkan Al-Tirmizi (1) dengan kualitas sanadnya H{asan Lizatihi (Perawi pada generasi Tabi’in dikatakan Da’if oleh Ibn Hajar dan perawi pada generasi Tabi’ Al-Tabi’in dikatakan majhul oleh Abu Hatim). Matan Hadis yang diriwayatkan S{afiyyah binti H{uyay seluruhnya bil makna.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Ilmu Hadist |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 06:23 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 06:23 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14298 |
Actions (login required)
View Item |