Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengembangkan Nilai-nilai Multikultural melalui Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Kota Cirebon

Sephia Nisaul Hikmah, (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengembangkan Nilai-nilai Multikultural melalui Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008101010_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008101010_2_bab1.pdf

Download (340kB)
[img] Text
2008101010_6_bab5.pdf

Download (190kB)
[img] Text
2008101010_7_dafpus.pdf

Download (192kB)

Abstract

Istilah pendidikan tidak lepas dari peran guru sebagai figur utama dalam memberi teladan bagi peserta didik. Begitupula dalam proses mengembangkan nilai-nilai pendidikan multikultural tidak lepas dari peran guru pendidikan agama Islam dalam menahkodai jalannya pembelajaran. Pendidikan multikultural merupakan rangkaian pembelajaran yang di dalamnya terdapat anak-anak dengan latar belakang keberagaman suku, etnis, kebudayaan, dan agama yang berbeda akan dididik dalam kesamaan derajat sebagai manusia. Keberagaman tersebut merupakan anugerah yang harus disyukuri namun dilain hal dapat menjadi titik pangkal perselisihan karena kurang mampunya individu menerima keberagaman tersebut, sehingga menyebabkan sulitnya berinteraksi antar sesama. Tujuan dari penelitian ini diantaranya: (1) untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam (2) untuk mengetahui nilai-nilai multikultural di SMA Negeri 8 Kota Cirebon (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan nilai-nilai multikultural di SMA Negeri 8 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahapan diantaranya: (1) Reduksi data (2) Penyajian data (3) Verifikasi data. Hasil dari penelitian ini disimpulkan sebagai berikut: (1) Guru pendidikan agama Islam sudah menjalankan perannya dengan baik sebagai demonstrator, komunikator, motivator, pendidik dan pengajar. (2) Mengembangkan nilai-nilai multikultural melalui pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Kota Cirebon khususnya pada kelas X sudah berjalan dengan baik. Nilai-nilai multikultural yang dikembangkan diantaranya nilai toleransi, nilai demokrasi, nilai kesetaraan, nilai keadilan, nilai kerjasama dan nilai nasionalisme. (3) Terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat mengembangkan nilai-nilai multikultural. Faktor pendukung: kebijakan sekolah, sarana dan prasarana serta peran guru. Faktor penghambatnya: sikap individu siswa, kurangnya media dan poster-poster tentang keberagaman dan kurangnya sosialisasi. Kata Kunci: Peran, Guru, Nilai-nilai Multikultural.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 14 Aug 2024 02:39
Last Modified: 14 Aug 2024 02:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14305

Actions (login required)

View Item View Item