Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 7 Kota Cirebon

Amanda Rachmawaty, (2024) Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 7 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008101015_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008101015_2_bab1.pdf

Download (703kB)
[img] Text
2008101015_6_bab5.pdf

Download (579kB)
[img] Text
2008101015_7_dafpus.pdf

Download (582kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan ketidakaktifan dan kurangnya kreativitas siswa meskipun guru telah memanfaatkan media pembelajaran dalam proses pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah menegah pertama (SMP) Negeri 7 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan Metode quasi experimental design dengan sampel 60 siswa dari kelas VII yang dipilih secara cluster random sampling, Kelas eksperimen (VIIF) dan kelas kontrol (VIIE). Teknik pengambilan data meliputi angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas eksperimen (89,78) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (75,83). Korelasi yang sangat kuat ditemukan antara metode problem solving dan kemampuan berpikir kreatif siswa (r = 0,947). Analisis uji t menunjukkan pengaruh signifikan p-value < level of signifikan (0,00 < 0,05) dari metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci: Metode Problem Solving, Berpikir Kreatif, SMP Negeri 7 Kota Cirebon

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 14 Aug 2024 02:49
Last Modified: 14 Aug 2024 02:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14309

Actions (login required)

View Item View Item