FINKA AMELIA, (2024) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 1 SUSUKAN CIREBON. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008101016_1_cover.pdf Download (996kB) |
|
Text
2008101016_2_bab1.pdf Download (702kB) |
|
Text
2008101016_6_bab5.pdf Download (492kB) |
|
Text
2008101016_7_dafpus.pdf Download (548kB) |
Abstract
Peran seorang guru akan sangat menentukan dalam keberhasilan proses dan tujuan pembelajaran. dalam proses pembelajaran guru memiliki banyak sekali peranan penting dalam mengembangkan keterampilan peserta didik yaitu sebagai motivator, keterampilan guru dalam memberikan motivasi belajar sangat mempengaruhi semangat belajar peserta didik. Motivasi adalah salah satu syarat dalam pembelajaran. oleh karena itu, peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah suatu hal yang sangat penting. Masalah yang terjadi pada penelitian ini yaitu kurangnya motivasi yang ada dalam diri peserta didik dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk dapat mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Susukan Cirebon. (2) untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Susukan Cirebon. (3) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dapat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Susukan Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) Guru sudah memberikan motivasi, support, dan semangat kepada siswa. Guru-gurunya juga sudah menerapkan peran-perannya yang baik, berupa: memotivasi siswa yang kurangnya motivasi, mampu menjadi orang tua kedua saat di sekolah, menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan, mengevaluasi hasil pembelajaran maupun tujuan dari pembelajaran, memberikan pujian, penilaian, dan reward untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. (2) Siswa SMA Negeri 1 Susukan Cirebon secara umum dapat dikatakan sudah mempunyai motivasi yang baik. Rajin dalam mengerjakan tugas, banyak yang melanjutkan ke perguruan tinggi, siswa disini juga tidak mudah putus asa karena adanya bimbingan, arahan, dan nasehat dari guru. (3) terdapat faktor pendukung dan penghambat yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Faktor pendukung: fasilitas yang memadai, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan ekonomi. Dan faktor penghambatnya: kurangnya dukungan dari keluarga, kurangnya fasilitas yang memadai, ekonomi, kesehatan, kejenuhan, dan faktor yang ada dari dalam diri siswa yang tidak ingin belajar. Kata Kunci: Peran Guru, Motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 02:52 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 02:52 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14310 |
Actions (login required)
View Item |