Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Menegah Pertama (SMP) Negeri 2 Sumber Kabupaten Cirebon

SUBHIYAH APRILIYANI, (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Menegah Pertama (SMP) Negeri 2 Sumber Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008101019_1_cover.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2008101019_2_bab1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008101019_6_bab5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008101019_7_dafpus.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi pada siswa mengenai pembelajaran PAI masih bersifat konvensional, metode pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar masih kurang menarik sehingga membuat siswa masih banyak yang ribut dalam kelas dan menyebabkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PAI masih rendah, belum mencapai nilai standar ketuntasan belajar minimal adalah 70. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan menjelaskan pengaruh penerapan model Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Sumber Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan design tipe one group pretest-posttest (untuk menganalisa data hasil pre-test dan post test menggunakan dua jenis data, pertama data teoritik diperoleh dari buku yang berkaitan dengan masalah skripsi untuk dijadikan sebagai rujukan. Kedua data empirik diperoleh melalui penelitian langsung ke objek penelitian menggunakan teknik obersevasi, angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI siswa kelas VIII B setelah diterapkan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match terjadi peningkatan dengan nilai 81,56 yang artinya nilai posttest termasuk kategori Tinggi dilihat dari acuan PAP pada interval 75-85, hasil uji regresi linear sederhana dengan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 yang artinya penerapan model pembelajaran Model Cooperatve Learning Tipe Make A Match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan nilai t, t hitung lebih besar dari t tabel 4,299 > 2,457, yang artinya variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel bebas (Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match) terhadap variabel terikat (Hasil Belajar). Kata Kunci: Model Cooperative Learning, Make A Match, Hasil Belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 14 Aug 2024 03:02
Last Modified: 14 Aug 2024 03:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14312

Actions (login required)

View Item View Item