IRNA IKMALIA, (2024) Penerapan Metode Qiroati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Akmala Sabila Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008101043_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2008101043_2_bab1.pdf Download (769kB) |
|
Text
2008101043_6_bab5.pdf Download (537kB) |
|
Text
2008101043_7_dafpus.pdf Download (603kB) |
Abstract
Kemampuan membaca al-Quran adalah keterampilan penting bagi umat Islam untuk memahami ajaran dan nilai-nilai dalam kitab suci mereka. Metode Qiroati telah menjadi pendekatan yang digunakan dalam pendidikan agama Islam untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan membaca al-Quran dengan baik dan benar. Berdasarkan uraian tersebut maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah: Bagaimana implementasi metode Qiroati di SMPIT Akmala Sabila Kabupaten Cirebon; Bagaimana kemampuan membaca al-Qur’an siswa setelah menggunakan metode Qiroati; Apa saja faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di SMPIT Akmala Sabila Kabupaten Cirebon. Tujuan dari penelitian ini adalah: Mengetahui implementasi metode Qiroati di SMPIT Akmala Sabila Kabupaten Cirebon; Mengetahui kontribusi guru PAI dalam mendukung keberhasilan implementsi metode Qiroati di SMPIT Akmala Sabila Kabupaten Cirebon; Mengetahui faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca al-Qur’an siswa di SMPIT Akmala Sabila Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Qiroati, Guru Qiroati, Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa SMPIT Akmala Sabila. Objeknya adalah penerapan metode Qiroati, kemampuan membaca al-Qur’an siswa, serta faktor pendukung keberhasilan penerapan metode Qiroati. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Qiroati di SMPIT Akmala Sabila dilakukan dengan tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi. Kemampuan membaca al-Qur’an siswa menjadi lebih baik setelah mengikuti pembelajaran Qiroati. Faktor pendukung keberhasilan penerapan metode Qiroati dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu: karakteristik metode Qiroati, kompetensi guru, motivasi siswa, minat siswa, bakat siswa, budaya akademik sekolah, dukungan orang tua/wali siswa, pergaulan teman sebaya, dan pergaulan di masyarakat. Kata kunci : Metode Qiroati, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 03:24 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 03:24 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14317 |
Actions (login required)
View Item |