ULVA FATIMAH, (2024) Implementasi Metode Jama dalam Menghafal Juz 'Amma untuk Meningkatkan Pembelajaran PAI di SMP Negeri 8 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008101044_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2008101044_2_bab1.pdf Download (555kB) |
|
Text
2008101044_6_bab5.pdf Download (308kB) |
|
Text
2008101044_7_dafpus.pdf Download (318kB) |
Abstract
Kemampuan menghafal Al-Qur'an adalah kecakapan memelihara atau menjaga Al-Qur'an melalui proses meresapkan ayat Al-Qur'an sesuai dengan kaidah membaca Al-Qur'an ke dalam pikiran agar bisa mengingat dan melafalkannya kembali tanpa melihat mushaf atau tulisan. Metode jama merupakan salah satu metode menghafal Al-Qur'an yang dilakukan secara bersama-sama/kolektif yang dipimpin oleh seorang instruktur. Tujuan dari penelitian ini adalah: mengetahui pemahaman pembelajaran PAI; mengetahui implementasi metode jama dalam kemampuan menghafal juz 'amma kelas VII C di SMP Negeri 8 Kota Cirebon; mengetahui kelebihan dan kekurangan dari penerapan metode jama dalam menghafal juz 'amma di SMP Negeri 8 Kota Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan pemahaman materi PAI pada peserta didik adalah dengan memberikan contoh langsung agar ilmu yang didapat peserta didik bisa dipahami dengan mudah, dalam penggunaan metode jama di SMP Negeri 8 Kota Cirebon sudah dilakukan dengan sangat baik dan tentunya cocok digunakan di sekolah yang memang banyak peserta didiknya, namun kemampuan menghafal juz 'amma peserta didik kelas VII C di SMP Negeri 8 Kota Cirebon hasilnya berbeda-beda, dengan cara mengulang-ulang bacaan sedikit memudahkan peserta didik untuk mengingat. Kelebihan dari metode jama adalah peserta didik menjadi sangat partisipasif secara menyeluruh, sangat meminimalisir terjadinya kejenuhan ketika menghafal serta dapat memperkuat hafalan yang ada karena selalu diulang-ulang secara bersama-sama. Sedangkan, kekurangannya yaitu harus dilakukannya pengawasan yang sangat ekstra karena masih ada saja peserta didik yang bercanda ketika kegiatan hafalan dengan metode jama yang dilakukan di lapangan tersebut. Kata kunci : Implementasi, Metode Jama, Menghafal Juz 'Amma, Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 03:26 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 03:26 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14318 |
Actions (login required)
View Item |