SEJARAH DAN GERAKAN PEREMPUAN DI CIREBON (KONTRIBUSI WOMENS CRISIS CENTRE MAWAR BALQIS DALAM MEMPERJUANGKAN GERAKAN PEREMPUAN)

HILYA AULIYAH, (2024) SEJARAH DAN GERAKAN PEREMPUAN DI CIREBON (KONTRIBUSI WOMENS CRISIS CENTRE MAWAR BALQIS DALAM MEMPERJUANGKAN GERAKAN PEREMPUAN). Bachelor thesis, S1-SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM.

[img] Text
1808301102_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1808301102_2_bab1.pdf

Download (647kB)
[img] Text
1808301102_6_bab5.pdf

Download (357kB)
[img] Text
1808301102_7_dafpus.pdf

Download (472kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh posisi perempuan pada masa penjajah yang dilegitimasikan sebagai buruh, karena mereka tidak mengenyam pendidikan layak, dan pada saat itu masyarakat adat sebenarnya masih percaya dengan tradisi yang ada di tempat mereka tinggal. Untuk meminimalisir bentuk ketidak adilan tersebut perlu adanya gerakan perempuan, dalam hal ini kota Cirebon menjadi salah satu tempat berkembangnya perempuan baik melalui gerakan maupun gagasan. Lembaga yang bergerak di bidang tersebut adalah WCC Mawar Balqis sebagai sebuah lembaga gerakan yang dipelopori oleh kaum perempuan Cirebon, arah geraknya adalah membela dan memperjuangkan hak-hak perempuan dalam bidang pendampingan, advokasi serta pemberdayaan terhadap perempuan korban kekerasan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan sejarah lisan. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan wawancara. Melalui metodologi sejarah dengan tahapan heuristik, verifikasi atau kritik sejarah, interpretasi atau analisis data dan historiografi atau penulisan sejarah. Adapun hasil penelitian ini; WCC (Women Crisis Centre) Mawar Balqis merupakan lembaga yang berfokus dalam pendampingan kekerasan yang dialami oleh korban khususnya pada perempuan. Maka dari itu, WCC Mawar Balqis memiliki program yang tujuannya menangani kasus-kasus yang dialami pada korbannya, dan membantu serta melindungi korban hingga masalahnya terselesaikan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Sejarah Kebudayaan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Aug 2024 02:00
Last Modified: 15 Aug 2024 02:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14334

Actions (login required)

View Item View Item