ABDUL WAHAB, (2024) MAKNA SIMBOLIK KEMBANG TUJUH RUPA PADA UPACARA TALIL DESA KARANGSONG KECAMATAN INDRAMAYU KABUPATEN INDRAMAYU: KAJIAN SEMIOTIKA FREDERICK WILLIAM DILLISTONE. Bachelor thesis, S1-FILSAFAT ISLAM.
Archive
1808303038 - ABDUL WAHAB.zip Download (3MB) |
Abstract
Setiap simbol memiliki makna setiap makna pasti ada simbol seperti pada tradisi talil di Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu ada beberapa syarat atau sesajen yang harus dipenuhi ketika melakukan upacara talil. Sesejan tersebut merupakan simbol yang memiliki makna terdbegitu mendalam memiliki nilai moral yang harus disampaikan ke pada masyarakat awam agar mengerti dan memahami makna simbol tersebut secara utuh. Dalam penelitian ini dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu merupakan jenis penelitian yang salah satunya dari jenis kualitatif. Adapun tujuan penelitian ini tak lain untuk mengungkap sebuah fakta kejadian atau keadaan yang berlangsung saat penelitian ini dilaksanakan dengan melihat secara empiris apa yang terjadi dilapangan tidak ada manipulatif atau dibuat-buat. Analisis simbolik merupakan analisis semiotika yang berfokus pada pengalaman subjektif orang yang mengalami secara langsung pada fenomena tersebut. Hasil dari penelitian ini ialah dalam sesajian pada praktk talil Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu adanya pembelajaran dan pemahaman dari simbol- simbol tersebut agar daya pikir masyarakat kritis dan juga membentuk sepiriualitas yang lebih baik terlebih lagi untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari agar hidup selalu rukun dan damai sesuai apa yang direncanakan oleh leluhurnya melalui simbol-simbol tersebut.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Filsafat Agama |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 08:13 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 08:13 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14371 |
Actions (login required)
View Item |