Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan di MTs Ash-Shalah Kaliwadas Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon

ROFI’UDDIN, (2024) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan di MTs Ash-Shalah Kaliwadas Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1708109049_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1708109049_2_bab1.pdf

Download (319kB)
[img] Text
1708109049_6_bab5.pdf

Download (87kB)
[img] Text
1708109049_7_dafpus.pdf

Download (216kB)

Abstract

Masalah kedisiplinan siswa menjadi sangat berarti bagi kemajuan sekolah. Hal ini diperlukan kerja keras dari berbagai pihak untuk meningkatkan kedisiplinan, terutama Kepala Sekolah yang sangat berperan sekali dalam mendisiplinkan siswa. Kedisiplinan siswa dalam belajar perlu diupayakan oleh Kepala Sekolah selaku pimpinan pendidikan di lingkungannya dan dibantu oleh guru selaku tenaga pengajar dan pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepemimpinan Kepala Sekolah di MTs Ash-Shalah Kaliwadas dan untuk mengetahui peningkatan kedisiplinan siswa di MTs Ash-Shalah. Penelitian ini memiliki Rumusan masalah yaitu: (1) kerjasama antara kepala Madrasah, guru dan siswa dalam menumbuhkan kedisiplinan. (2) kurangnya pendekatan dari kepala madrasa dan setiap guru terhadap perilaku siswa. (3) masih terdapatnya guru yang tidak mencontohkan sikap disiplin dalam lingkungan sekolah. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu imformasi berupa huruf bukan angka. Adapun imforman dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, siswa, orang tua, dan Komite Sekolah. Adapun teori dalam penelitian ini dikutip dalam beberapa jurnal dan buku yaitu Jihan Hariyono 2016 dan Choirul Nisak 2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi mendalam dan dokumentasi. Penelitian melakukan analisis menggunakan beberapa tahapan yakni: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan selanjutnya penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan tringulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kepala Sekolah sudah melaksanakan beberapa kompetensi-kompetensi yang sudah dimiliki oleh Kepala Sekolah MTs Ash-Shalah adalah: Kompetensi kepribadian, Kompetensi manajerial, Kompetensi kewirausahaan, Kompetensi supervisi, dan Kompetensi sosial. (2) Faktor pendukung dalam meningkatkan kedisiplinan siswa adalah keikutsertaan komite sekolah dalam mengawasi kegiatan di sekolah, alat proses pembelajaran atau alat-alat peraga, peran guru yang aktif, adanya aturan-aturan dan tata tertib di sekolah. (3) Faktor penghambat kedisiplinan siswa adalah beberapa siswa sering mengantuk di kelas karena lemas kelaparan disebabkan ada yang tinggal di neneknya dan ada yang ditinggal pergi merantau oleh orang tuanya, dan akibat Game online Kata kunci : Peran Kepala Sekolah, Kedisip

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:11
Last Modified: 16 Aug 2024 04:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14390

Actions (login required)

View Item View Item