MANAJEMEN PEMBIAYAAN DALAM.PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI MTS AL-.HIDAYAH GABUNGAN USAHA.PEMBARUAN PENDIDIKAN ISLAM (GUPPI) KOTA.CIREBON

Fauzan Fadhil Mubarrak, (2024) MANAJEMEN PEMBIAYAAN DALAM.PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI MTS AL-.HIDAYAH GABUNGAN USAHA.PEMBARUAN PENDIDIKAN ISLAM (GUPPI) KOTA.CIREBON. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1908109042_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908109042_2_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908109042_6_bab5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908109042_7_dafpus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal kondisi sarana dan prasarana di MTs Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon menunjukkan adanya keterbatasan. Misalnya, area parkir di sekolah tersebut terasa cukup sempit, dimana tempat parkir seringkali digabungkan dengan area untuk upacara. Hal ini dapat menyebabkan kemacetan atau keterbatasan ruang untuk parkir kendaraan, terutama pada saat-saat tertentu seperti waktu masuk dan pulang sekolah. Selain itu, fasilitas ibadah di MTs AlHidayah GUPPI juga belum optimal. Masih belum ada bangunan yang khusus digunakan sebagai masjid atau tempat ibadah di sekolah tersebut. Sehingga, kegiatan ibadah masih dilakukan di fasilitas yang sama dengan SMK AlHidayah GUPPI. Hal ini mungkin menyebabkan kendala logistik dan waktu, terdapat keterbatasan ruang kelas yang tersedia. Hal ini menyebabkan ruang guru dan ruang Tata Usaha (TU) sering digunakan sebagai satu ruangan yang sama.. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kondisi sarana dan prasarana di MTs Al-Hidayah GUPPI, pengelolaan sarana dan prasarana di MTs Al-Hidayah Guppi, serta faktor pendukung dan penghambat pengelolalaan sarana dan prasarana di MTs Al-Hidayah GUPPI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Kondisi sarana dan prasarana di MTs Al-Hidayah GUPPI menjadi fokus perhatian utama kepala Madrasah, dengan perluasan dan perbaikan terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas fasilitas. 2. Pengelolaan sarana dan prasarana melibatkan perencanaan, organisasi, pembiayaan, strategi, pemantauan, dan kebijakan yang efisien dan efektif. 3. Faktor pendukung dalam pengelolaan mencakup perhatian terhadap kebutuhan guru dan murid, dukungan dari berbagai pihak, dan sumber daya anggaran. Namun, terdapat pula kendala seperti kekurangan anggaran, sumber daya manusia yang terbatas, dan potensi penundaan dalam pemeliharaan fasilitas. Dalam konteks ini, pentingnya manajemen risiko dan adaptabilitas terhadap perubahan menjadi jelas dalam menjaga dan mengelola fasilitas sekolah dengan baik. Kata kunci: Manajamen pembiayaan, Sarana dan Prasarana

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:21
Last Modified: 16 Aug 2024 04:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14393

Actions (login required)

View Item View Item