Fina Aprilia, (2024) Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) Dalam Meningkatkan Pelayanan Di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati.
Text
1908109046_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
1908109046_2_bab1.pdf Download (372kB) |
|
Text
1908109046_6_bab5.pdf Download (154kB) |
|
Text
1908109046_7_dafpus.pdf Download (232kB) |
Abstract
Program SIMKAH digunakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi pasangan yang akan menikah. Adapun Penerapan sistem informasi sangat erat kaitannya dengan pelayanan masyarakat, khususnya bagi organisasi atau instansi pemerintah. SIMKAH digunakan untuk tujuan efisiensi, antara lain mengurangi beban kerja pegawai yang terkait dengan pengurusan administrasi akad nikah menggunakan media kertas dan beralih ke teknologi informasi yang tersistem. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan nikah di KUA kecamatan Harjamukti. penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Sistem Informasi Manajemen Nikah di Kantor Urusan Agama kecamatan Harjamukti kota Cirebon cenderung telah efektif dilaksanakan. adanya masyarakat yang antusias untuk mengikuti sistem tersebut, serta adanya sarana dan prasarana yang baik di KUA Kecamatan Harjamukti. 2) Penerapan sistem informasi manajemen terhadap SIMKAH dalam meningkatkan pelayanan di KUA Kecamatan Harjamukti kota Cirebon . pelayanannya sudah sangat baik, sehingga masyarakat setempat sangat antusias khususnya Calon Pengantin karena dapat dimudahkan dalam aplikasi SIMKAH. 3) Kualitas pelayanan pada KUA Kecamatan Harjamukti kota Cirebon sudah bisa dikatakan baik, dalam melakukan pelayanan nikah staf pada KUA Kecamatan Harjamukti kota Cirebon tetap berkualitas, daya tanggap, kehandalan, jaminan serta empati yang lebih sudah dimiliki oleh pihak KUA Kecamatan Harjamukti membuat masyarakat nyaman dalam melakukan pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan SIMKAH di KUA sudah baik dan efektivitas penerapan SIMKAH sudah sangat efektif. Kata Kunci : Manajemen, Sistem Informasi Manajemen Nikah, Pelayanan
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 04:24 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 04:24 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14394 |
Actions (login required)
View Item |