Ika Roudhotul Jannah, (2024) Pengaruh Manajemen Peserta Didik terhadap Moralitas Siswa MAN 2 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008109035_1_cover.pdf Download (992kB) |
|
Text
2008109035_2_bab1.pdf Download (674kB) |
|
Text
2008109035_6_bab5.pdf Download (246kB) |
|
Text
2008109035_7_dafpus.pdf Download (474kB) |
Abstract
Salah satu permasalahan yang mendasar akhir-akhir ini adalah kecenderungan terjadinya degradasi atau pergeseran moralitas sosial yang melibatkan anak-anak usia sekolah atau usia remaja. Penyebab kenakalan remaja ini mencakup beberapa hal seperti kegagalan pendidikan yang dilakukan oleh keluarga, guru dan masyarakat, dan kondisi sosial yang kurang menguntungkan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Moralitas remaja dipengaruhi oleh situasi atau keadaan yang sedang terjadi, diri sendiri, sekolah berupa pendidikan, lingkungan keluarga dan sosial. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen peserta didik di MAN 2 Kota Cirebon, moralitas siswa kelas 10 di MAN 2 Kota Cirebon, dan seberapa besar pengaruh manajemen peserta didik terhadap moralitas siswa kelas 10 di MAN 2 Kota Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan 56 sampel dari siswa kelas 10. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif statistik. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh manajemen peserta didik terhadap moralitas siswa menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS versi 21. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : (1) Manajemen peserta didik di MAN 2 Kota Cirebon berada di kategori baik karena berada pada interval 75% - 100% dengan nilai 80,2%. (2) moralitas siswa kelas 10 di MAN 2 Kota Cirebon berada kategori baik karena berada pada interval 75% - 100% dengan nilai 82,8%. (3) Terdapat pengaruh antara manajemen peserta didik terhadap moralitas siswa, dengan nilai signifikan 0,002 0,05. Besarnya pengaruh yang diberikan manajemen peserta didik terhadap moralitas siswa yaitu sebesar 16,7%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Manajemen, Peserta didik, Moralitas
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 06:27 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 06:27 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14411 |
Actions (login required)
View Item |